NaZaMWZcMGZ8LGZ7MGxaNGtaLDcsynIkynwbzD1c

Nikmati Aja Sekarang!

BLANTERLANDINGv101
3034015059065731839

Nikmati Aja Sekarang!

28/12/22

Jika surga dan neraka tak pernah ada
Masihkan kau bersujud kepada-Nya
Jika surga dan neraka tak pernah ada
Masihkah kau menyebut nama-Nya

Refrain lagu Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada besutan alm Chrisye itu terdengar sayup di telingaku. Mungkin radio tetangga yang memutarnya pagi ini. Meskipun ini bukan kali pertama aku mendengar lagu itu, namun pagi ini entah kenapa ada sebagian diriku yang terusik oleh penggalan lagu tersebut. 
Apalagi ketika mendengar lanjutan lirik lagu tersebut

Apakah kita semua
Benar-benar tulus
Menyembah pada-Nya
Atau mungkin kita hanya
Takut pada neraka
Dan inginkan surga

Hidup ini terasa hanya menjadi transaksional saja. Ibarat orang jual beli di pasar yang mengharap untung dan tak inginkan rugi. Sebenarnya tak ada salahnya sih kita sibuk setiap hari bersicepat menjalankan semua ritual agama seperti diajarkan oleh ustadz kita dulu. Shalat wajib, shalat sunah, puasa, sedekah kiri dan kanan, umroh, haji, dll. Namun untuk apakah semua itu kita lakukan? Seolah paham dengan kegundahanku, lirik terakhir lagu itu menjawab tanyaku. 

Bisakah kita semua
Benar-benar sujud sepenuh hati
Karna sungguh memang Dia
Memang pantas disembah
Memang pantas dipuja

Maka tanda tanya besar kembali muncul dalam benakku. Benarkah aku beribadah hanya karena mengharap surga, dan takut neraka?
---

Dalam buku Rijal Haula Al-Rasuul (60 Orang Besar di sekitar Rasulullah), karya KM Khalid diceritakan pada suatu hari, saat duduk-duduk bersama para sahabat, Rasulullah SAW menatap dan menajamkan pandangannya ke satu arah seolah sedang menunggu bisikan atau kata-kata rahasia. Kemudian, beliau menoleh kepada para sahabat dan bersabda, ''Sebentar lagi akan muncul ke hadapan tuan-tuan sekalian seorang laki-laki penduduk surga.'' Selama 3 hari berturut-turut Baginda Nabi mengatakan hal tersebut. Tentu saja hal ini membuat sahabat lain menjadi penasaran. Apa amalan sahabat satu ini, sehingga dia disebut sebagai penduduk surga

Para sahabat lain sangat tertarik untuk mengetahui amalan yang menjadi kunci untuk memasuki surga. Secara ikhlas sahabat itu pun bercerita, ''Sesungguhnya tak lebih dari amal ibadah yang biasa kita kerjakan, hanya saja saya tak pernah menaruh dendam atau niat jahat, apalagi berkata kasar terhadap siapa pun di antara kita.''

Rupanya kunci menjadi penduduk surga adalah hidup yang penuh dengan cinta dan syukur. Hidup dengan mengikhlaskan kejadian buruk yang berpotensi memunculkan emosi negatif seperti marah, sedih, kecewa, dendam, juga iri dengki. Amalan ikhlas dan syukur ini sangat mudah diucapkan, meskipun penuh perjuangan dalam prakteknya. Namun nyatanya sangat sepadan wasilah yang bakal kita dapatkan, selain surga kelak di akhirat, juga surga di dunia. 
--- 

Sahabatku yang berbahagia, surga dan neraka itu letaknya ada pada diri kita masing-masing. Banyak orang yang bergelimang harta, namun hidupnya merasa selalu terancam oleh para pesaing bisnisnya, tidur tak nyenyak, makan tak enak, jalan pun tak tegak. Itulah sejatinya neraka. 

Atau sebagian dari kita yang sudah memiliki semuanya, rumah ada, mobil ada, keluarga juga ada, lengkap dengan putra-putrinya. Namun pikirannya senantiasa berfokus pada sesuatu yang belum dimilikinya. Rumah masih berantakan, belum ada kolam renang, mobil sudah usang, duit terasa kurang. Itu juga neraka.

Sebaliknya, seorang petani di lereng gunung terpencil, hasil bercocok tanam cukup untuk makan sekeluarga, menempati rumah kecil yang tenang, tiap sore bisa duduk bersantai di halaman rumah sambil memandang sawah hijau menghampar, hatinya sesejuk udaranya, tenang jiwanya. Itulah surga. 

Tanpa harus menunggu berada di akhirat, sejatinya kehidupan ini pun telah memberi kita mana surga, mana neraka. Dan sebagai makhluk paling sempurna, yang perlu kita lakukan hanyalah MEMILIH. 

Maka saya memilih untuk hidup


di surga mulai dari sekarang
. Bagaimana dengan Anda?

Tabik
-haridewa-
www.thecafetherapy.com
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang