NaZaMWZcMGZ8LGZ7MGxaNGtaLDcsynIkynwbzD1c

Belajar Menjadi Manusia 1.0

BLANTERLANDINGv101
3034015059065731839

Belajar Menjadi Manusia 1.0

30/03/22
'Playing Dog vs Playing God'

Laporan pandangan mata, telinga dan hati dari LD 8

Laqad khalaqnal-insāna fī aḥsani taqwīm (QS At Tin:4)

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya".

Maksud ayat di atas adalah bahwa selain diciptakan dengan bentuk yang penuh keindahan, manusia dibedakan dengan makhluk lainnya, karena kelengkapan perangkat non fisiknya, yaitu kesadaran, pikiran serta perasaan. 

Menurut MacLean, seorang ahli neurologi mantan direktur Laboratory of the Brain and Behavior pada United States National Institute of Mental Health, otak berbagai spesies mengalami evolusi panjang. Otak manusia merupakan hasil evolusi terakhir yang paling canggih. Berdasarkan penelitan yang panjang, MacLean mengajukan sebuah konsep yang diberi nama Otak Tiga Serangkai  (The Triune Brain)

Menurut teori The Triune Brain, otak manusia terdiri atas tiga tingkatan, yaitu otak reptil, otak mamalia dan otak neocortex. 

Otak reptil  adalah bagian dari pikiran manusia yang berfungsi untuk survival. Biasanya perilaku yang dipengaruhi bagian otak ini dikenal dengan istilah 5 F, yaitu fight, flight, freeze, food, dan (maaf) fuck. 

Orang yang dominan mengaktifkan otak reptil, hanya berpikir tentang "saya" dan bagaimana menyelamatkan diri sendiri di saat-saat sulit. Orang tipikal ini tak ubahnya dengan kadal atau buaya. 

Otak Mamalia adalah otak yang dimiliki oleh manusia dan mamalia. Otak mamalia bertugas untuk mengolah emosi dan perasaan. Otak inilah yang merespons dengan rasa takut, marah, benci, senang, nyaman, dll.

Orang yang dominan mengaktifkan bagian otak ini akan berpikir transaksional saat sedang mengalami kesulitan. Mereka cenderung menggunakan emosi dan sangat reaktif terhadap stimulus dari luar dan terhadap perubahan yang terjadi. Orang tipikal ini juga hanya menyerupai kucing, atau anjing yang akan menurut ketika dielus-elus kepalanya, atau ketika diberi makanan. Manusia tipe ini senang melakukan playing dog. 

Otak Neocortex merupakan otak dengan kemampuan luhur yang hanya dimiliki oleh manusia. Otak ini berfungsi untuk berpikir rasional, logis, sistematis, reflektif dan jauh ke depan. Otak inilah yang berperan membangun nilai, norma, kebiasaan dan sikap luhur manusia. Otak ini juga yang memberi sumbangsih manusia dapat berpikir kreatif dan inovatif ketika merespon suatu perubahan yang terjadi dan saat mengalami kondisi kritis.

Dengan memahami triune brain ini, kita bisa belajar untuk menjadi manusia (seutuhnya) 

Selain tiga tingkatan otak di atas kita juga mengenal perbedaan fungsi otak, yaitu otak kanan dan kiri. Penelitian tentang hal ini pertama kali dilakukan oleh ahli psikobiologi, Roger W. Sperry, pada tahun 1960-an. 

Penelitian ini kemudian dikembangkan menjadi teori tentang kecerdasan otak kanan dan kiri. Berdasarkan penelitian Sperry, fungsi otak kanan berkaitan dengan emosi, ekspresi dan kreativitas. Otak kanan mengatur pikiran bawah sadar. 

Sementara otak kiri cenderung lebih logis. Fungsi dari otak kiri berkaitan dengan hal-hal yang membutuhkan bahasa, pemikiran yang analitis, dan logika. Otak kiri mengatur pikiran sadar. 
-----

Meskipun tercipta sebagai makhluk paling sempurna, dalam kenyataannya kita masih sering terjebak pada fenomena H2C, alias harap-harap cemas. Kenapa bisa demikian? Karena kita menyadari bahwa ada sesuatu yang berada di luar kontrol kita. 

Oleh karena itulah apapun agama dan keyakinan manusia, muncullah satu ritual yang disebut dengan DOA. 

NLP memiliki sebuah pakem yang luar biasa mengenai doa yang disebut WFO (Well Formed Outcome). Secara singkat sebuah WFO akan memiliki kekuatan ketika memenuhi 3 syarat, yaitu:
1. Spesifik
2. Kalimat Positif
3. Bisa diukur, dan ekologis

Dan agar menjadi nyata sebuah WFO mesti diyakini. 

Tiga syarat pertama ada di domain kiri, yang berada dalam kontrol kita, sementara syarat kedua ada di domain kanan, yang berada di luar kontrol kita. 

Namun seringkali kita memaksakan terkabulnya doa itu sesuai kehendak kita. Kita melewati batas-batas ilahiyah dengan melakukan hal tersebut. Orang tipe ini senang melakukan playing god. 

Bagaimana cara belajar menjadi manusia? 
Diperlukan  sebuah gangguan terstruktur untuk merusak pola yang sudah ada. 
Untuk itulah Life Disruption dicanangkan. 

Apa saja disrupsi yang perlu dilakukan agar kita tidak playing dog atau playing god? 

Tunggu paparannya pada artikel Belajar Menjadi Manusia 1.1


Tabik
-haridewa-
www.thecafetherapy.com





 
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang