NaZaMWZcMGZ8LGZ7MGxaNGtaLDcsynIkynwbzD1c

Bukan Superioritas Melainkan FLEKSIBILITAS yang Membuat Anda Memenangi PERTEMPURAN!

BLANTERLANDINGv101
3034015059065731839

Bukan Superioritas Melainkan FLEKSIBILITAS yang Membuat Anda Memenangi PERTEMPURAN!

10/07/20

Masih membahas mengenai salah satu attitude dari NLP-ers, yaitu keluwesan perilaku (Behavior Flexibility). Dalam online class Master NLP hari kedua tadi malam, saya berikan tantangan kepada para peserta untuk menghantamkan bola pijar (bohlam bening) pada sebuah keramik. 
Saya memberikan prolog dengan pengandaian bahwa bohlam ini adalah sum-berdaya dan keramik merupakan hambatan. Sum-berdaya yang terlihat ringkih tadi mesti dihantamkan pada hambatan yang kokoh. 

Premis awal, semua peserta kompak menyatakan bahwa bohlam-lah yang akan pecah. Sum-berdaya yang terlalu kecil pasti akan hancur berkeping-keping menghadapi hambatan yang besar dan kuat. 

Sebelum tantangan dimulai, saya kembali mengulas framework NLP Change Model. Saya tekankan lagi bahwa framework ini bisa terbentuk ketika kita memulainya dengan meletakkan titik goal kita (desired state) dan juga menentukan titik start (current situation), sehingga terbentanglah sebuah roadmap di antara start dan goal tadi. 

Dalam perjalanan menuju goal, selalu kita akan didampingi oleh sum-berdaya baik internal maupun eksternal, namun juga selalu dibayangi oleh hambatan (internal dan eksternal juga) 

Sum-berdaya adalah segala aspek yang mendekatkan kita pada titik goal. Dan hambatan adalah segala aspek yang mendekatkan kita pada titik start. (Jangan Anda pikir hambatan adalah segala aspek yang menjauhkan dari titik goal. Karena secara sadar tidak ada orang yang menjauh dari goalnya. Namun alangkah banyaknya orang yang terjebak di zona nyaman, sehingga enggan berjauhan dengan titik start. Itulah senyatanya hambatan!)

Ketika berfokus pada sum-berdaya dalam mencapai goal (outcome thinking), kita mesti peka (sensory acuity), serta senantiasa menjalin hubungan (building rapport) dengan semua pihak terkait, juga fleksibel dalam berperilaku. 

Dan ketika usai prolog saya, peserta mulai mencoba menghantamkan bohlam tadi pada keramik. Kami sudah memberikan SOP agar peserta menyiapkan sebuah kardus untuk menjaga jika bohlam pecah maka belingnya terlokalisir dengan aman di dalam kardus. Bergantian peserta mencoba peruntungan mereka. Ada yang langsung memukulkan dan gagal. Ada yang menjatuhkan dan juga gagal. Namun mereka mulai takjub dengan kekuatan bohlam ketika pada kesempatan pertama mereka, bohlam yang terlihat ringkih tersebut tidak pecah. 

Maka pada kesempatan berikutnya, peserta mulai melakukan modifikasi. Ada yang meletakkan penyangga pada sudut keramik, sehingga terdapat ruang di bawahnya. Masuk akal. Ada yang mengambil kursi dan menjatuhkan dari ketinggian yang menurut mereka cukup untuk memberikan daya dorong pada bohlam tersebut. 

Dan satu persatu peserta yang premis awalnya adalah memecahkan bohlam, mulai bisa yakin bahwa keramik mereka yang pecah, setelah melalui beberapa percobaan. 

Bahkan peserta yang tadi malam belum berhasil memecahkan bohlam, pagi ini mencoba lagi, dan BERHASIL!

Jadi kesimpulan dari tantangan ini adalah:
  1. Ini bukan magis tapi logis. Fokus pada sum-berdaya maka goal menjadi lebihnmudah dicapai
  2. Jangan suka meremehkan sum-berdaya meski sekecil apapun
  3. Ketika cara yang kita gunakan tidak berfungsi, gunakan cara berbeda 
  4. Fleksibilitas membantu kita menguatkan sum-berdaya dalam rangka mencapai goal
  5. Fleksibilitas bisa dicopy paste (dimodel) dari orang lain, tak harus kita mengalami kegagalan terlebih dahulu. 

Saya yakin para peserta training Master NLP saat ini merasa tercerahkan dengan tantangan ini. Namun senyatanya, sayalah yang paling tercerahkan. Terimakasih kawan-kawan untuk pembelajarannya. 

Sampai bertemu di Bootcamp Becoming NLP Trainer yang akan menyajikan tantangan dan pengalaman yang lebih keren lagi. 

Bagi yang ingin mencoba tantangan yang sama, masih tersisa 3 seat lagi untuk join Bootcamp Becoming NLP Trainer tanggal 19-23 Agustus 2020 di Fafa Hills Hotel  Gunung Geulis Bogor

Buruan daftar.... 

Tabik
-haridewa-
Happiness Life Coach 
Master Trainer NLP (Nyentrik Lucu Profesional) 

TAGS
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang