POSTINGAN POPULER

Monday, December 23, 2019

NEGATIVE EMOTIONS CLOUD (NEC)


Dalam kelas Terapi-Terapi Kilat ala NLP beberapa hari yang lalu di hotel Rio City Palembang, ada satu peserta yang bertanya, "Pak Hari, kalau kita sering melakukan terapi apakah kita tidak akan terpapar oleh emosi-emosi negatif dari klien kita?" 

Ini bukan kali pertama saya mendapatkan pertanyaan sejenis, karena pada sebuah praktek terapi, apalagi yang berbasis olah pikir, seorang terapis memang rawan terpapar oleh emosi negatif dari para klien. Mulai dari keluhan, curhatan, atau bahkan terkadang melihat abreaksi yang tak jarang terjadi. 

Situasi seperti ini mirip dengan kejadian para tenaga medis di RS yang rawan terpapar infeksi nosokomial. Infeksi nosokomial adalah istilah yang merujuk pada suatu infeksi yang berkembang di lingkungan rumah sakit. Artinya, seseorang dikatakan terkena infeksi nosokomial apabila penularannya didapat ketika berada di rumah sakit. Untuk mencegah munculnya kondisi yang tidak diinginkan ini, maka di RS biasanya disediakan cuci tangan anti bakteri yang mesti digunakan sebelum dan atah sesudah para tenaga medis ini memeriksa pasien mereka. 

Jika para tenaga medis itu memiliki aksi pencegahan dengan melakukan cuci tangan, maka hipnoterapis juga wajib memiliki sebuah tindakan preventif agar tidak terpapar emosi negatif tersebut. Saya biasanya akan membuat sebuah wadah imajiner di atas kepala saya untuk mengkerangkeng emosi-emosi negatif klien saya. Kerangkeng tersebut dalam imajinasi saya berbentuk seperti awan berwarna hitam, oleh karena itu saya menamainya Negative Emotions Cloud. 

Cara kerjanya sangat sederhana, sebelum klien mulai bercerita, saya akan membuka pintu cloud tersebut, sehingga ketika klien menceritakan semua situasi yang membelenggunya, emosi-emosi negatifnya saya arahkan untuk mengalir ke arah cloud tersebut. 

Tentunya banyak cara lain untuk menghindari paparan emosi negatif ini, namun bagi saya NEC (Negative Emotions Cloud) merupakan cara paling mudah dan adequate bagi saya. 

Anda bisa membuat sendiri tools semacam NEC dengan berpegang pada prinsip bahwa segala sesuatu yang sedang terjadi di depan kita itu netral saja adanya, kitalah yang memberikan makna pada kejadian tersebut. 

Yang jelas, jangan sampai sebagai terapis, Anda justru membutuhkan terapis lain karena pikiran Anda dipenuhi emosi negatif klien Anda. 

Sila tebar jika manfaat 

PS:
Anda ingin tahu lebih banyak mengenai keilmuan hipnosis in?  Daftar saja di Workshop Fundamental Hypnosis yang akan dilaksanakan pada tgl 29 Desember 2019 di hotel Aston Imperium Purwokerto 

Tabik 
-haridewa-
Professional Hipnotherapist
Happiness Life Coach

1 comment:

Anonymous said...

Kapan diadakan boot camp lagi

Artikel Unggulan

BECOMING PROFESSIONAL HYPNOTHERAPIST

Menjadi seorang terapis adalah pilihan hidup yang tidak semua orang sanggup melakukannya. Meskipun banyak pelatihan menuju jenjang terapis, ...