POSTINGAN POPULER

Thursday, October 24, 2019

FORGIVENESS THERAPY PART TWO

Tadi malam ada kawan hipnoterapis yang mengirim whatsapp message sbb:

Saya barusan ada wa dari anaknya client saya terdahulu... intinya seperti ini

"Aku gak bisa bener2 memaafkan & melupakan orang2 yg sudah nyakitin aku berkali2. 
Yg ada kupendam terus,

Jadinya one's ada suatu kejadian yg berhubungan dg orang2 tsb bikin aku langsung sakit.

Salah satunya juga jadi bikin aku males ke kantor"

Ini mengatasi dengan Forgiveness yang ampuh gimana ya pak ?
Mohon pencerahan...
***

Berikut jawaban saya:

Untuk mengatasi kasus seperti itu maka:

1. Tanya apakah dia MAU dengan ikhlas memaafkan. Jika YA, maka langsung lakukan forgiveness therapy (contoh script terlampir) 

2. Jika klien belum mau memaafkan maka lakukan:

A. Edukasi dengan cerita metafora. Salah satu cerita favorit saya adalah Apel dan Kebencian (silakan baca: http://www.thecafetherapy.com/2019/08/apel-kebencian.html?m=1)

B. Ijinkan dia membalas perilaku orang yang menyakitinya tapi hanya dalam pikiran mereka (dalam kondisi trance). Pastikan pasang 'anchor kedamaian' karena ada kemungkinan akan terjadi abreaksi. Pembalasan apapun boleh dilakukan oleh klien, bahkan saya pernah menangani klien yang dalam trancenya membunuh orang yang menyakitinya. Yang penting bukan aksinya namun perasaan apa yang didapat setelah membalaskan sakit hatinya tersebut. 

Dari pengalaman saya biasanya ada dua reaksi:

a. Klien merasa lega karena telah membalaskan sakit hatinya, dan pada akhirnya dia mau memaafkan. 
b. Klien merasa menyesal karena dia merasa bahwa tidak sepantasnya dia membalas seperti itu. Untuk reaksi kedua ini segera lakukan empowering dengan menguatkan klien bahwa memang dia lebih baik dibandingkam pihak yang telah menyakitinya. Maka pembalasan paling mulia adalah dengan memaafkan. 
***
 Proses Forgivenes Therapy
1. Jelaskan makna FT, yaitu: 

a. Memaafkan adalah proses melepaskan rasa nyeri, kemarahan dan dendam yang disebabkan oleh pelaku. 

b. Memaafkan adalah state of mind yang melibatkan pikiran, perasaan, dan tindakan tertentu. 

c. Memaafkan adalah pengalaman perpindahan dari suatu momen ke momen lain. 

d. Memaafkan bukan berarti mengijinkan peristiwa tersebut terjadi lagi

e. Memaafkan adalah proses melepaskan bukan memberi

f. Memaafkan adalah hadiah untuk Anda, bukan bagi orang lain. Sadarilah bahwa memaafkan adalah hadiah yang datang kepada Anda. Anda tidak melakukan hal baik untuk orang lain dengan memaafkan, Anda justru melakukan hal baik untuk diri Anda sendiri.

g. Memaafkan tidak hanya mengenyahkan energi negative tapi juga menggerakkan ke perasaan positif.

2. Cek meta program klien internal atau eksternal. Jika internal proses pemberian sugesti dalam kondisi trance (light to medium) dengan cara meminta klien mengikuti kata-kata Anda. Subyek dalam scriptnya adalah kata ganti orang pertama (bisa aku, saya, abdi, urang dll tergantung kebiasaan klien menyebut dirinya). Jika klien adalah orang eksternal langsung gunakan direct suggestion dengan subyek kata ganti orang kedua (Anda, Kamu, Bapak, Ibu, Saudara, dll sesuai kesepakatan pada pre induction talk

3. Berikut adalah contoh script untuk orang internal.

(Tarik nafas panjang. Sekarang ikuti kata-kata saya ini dengan lembut sehingga Anda bisa mendengar suara Anda sendiri). 

 "Demi kebahagiaanku, demi ketenangan hidupku, aku ikhlaskan masa laluku. Bukan aku kalau tidak lkhlas. Aku letakkan. Aku lepaskan agar ringan langkahku. Agar sehat badanku. Agar indah masa depanku.
 Ya Tuhan mudahkanlah bahagiaku semudah nafasku"

 "Bila kurenungkan dengan hati yang damai. Kumerasakan pengertian yang kuat tentang hidup ini. Hidupku sangatlah penting dan hidupku berharga. Kuingin sekali lepaskan diriku dari hal hal yang tidak penting. Hai engkau orang yang pernah menyakiti diriku. Kumaafkan engkau demi kebahagiaanku. Hai engkau orang yang pernah menyakiti diriku. Kumaafkan engkau demi masa depan indahku. Aku mengerti kau hanya diijinkan Tuhan untuk membentuk kedewasaanku.  Aku mengerti kau hanya diijinkan Tuhan demi rasa sayangku pada diri sendiri
Demi kebahagiaanku. Aku maafkan kau"

 "Ya Tuhan mampukanlah aku. Semoga hatiku selalu damai seperti ini. Yang lalu biarlah berlalu. Masa depanku lebih penting. Dan aku tenang sekarang" 

 "Hai diriku, tetaplah tersenyum, tetaplah bahagia" (Tarik nafas panjang)

" Inilah diri Anda sesungguhnya, buka mata Anda membawa perasaan bahagia. Membawa rasa syukur, membawa rasa positif. Membawa perasaan bahagia. Membawa rasa tenang...."

Anda bisa membuat kreasi sendiri mengenai script ini sesuai dengan kebutuhan klien. 

Semoga bermanfaat 

Tabik
-haridewa-
 Professional Hypnotherapist

No comments:

Artikel Unggulan

TERAPI ANTI NGOMPOL

Cafe Therapy, 3 November 2019 Saya ingin menceritakan pengalaman melakukan terapi kepada keponakan kawan kantor dulu ketika masih bekerja ...