POSTINGAN POPULER

Friday, September 20, 2019

MENUNGGU

Beberapa hari yang lalu saya menunggu taxi online di seputaran UKI yang saya pesan untuk menuju Condet. Melalui pesan singkatnya driver pertama mengabarkan sbb, "Saya ada di Jl. Dewi Sartika. Kondisi macet jadi mungkin agak lama. Mau nunggu gak?" 


Saya kemudian meng-cancel pesanan tadi, setelah minta maaf kepada drivernya.
Tak berselang lama, driver kedua juga berkirim pesan singkat, "Saya ada di Jl. Dewi Sartika. Kondisi macet, tapi saya akan mencari jalan tercepat. Perkiraan menunggu 15 menit, bagaimana?"
Dan saya bersedia menunggu pesanan kali ini.

Apa yang membedakan kedua driver tersebut?

Yup, Anda benar! Driver pertama berfokus  pada masalah, sementara driver kedua berfokus pada solusi. Driver pertama memberikan saya pilihan untuk memilih menunggu atau tidak, sementara driver kedua memberikan saya sebuah kepastian, meski harus menunggu, meski pada prakteknya saya menunggu sekitar 20 menit. Lebih lama dari janjinya, tapi hal itu menjadi tidak terasa karena semua orang di jaman now ini pastilah ditemani oleh gadgetnya masing-masing.

Pelajaran yang saya petik hari itu adalah:
1. Fokuslah pada solusi bukan situasi
2. Berikan kepastian bukan harapan palsu
3. Mending pulang saja kalau gadget ketinggalan, wkwkwk

Gitu ajah....

Tabik
-haridewa-

2 comments:

Aquatic Essen Jagung Bakar said...

Terimakasih infonya,.

Unknown said...

Point 1 & 2 ok.
Point 3 gak mesti harus begitu. Bisa cari alternatif solusi lain. Tetap semangat.

Artikel Unggulan

Terapi Anti Ngompol 2

Sepulang dari mengisi seminar di UIN Walisongo minggu lalu, tak sengaja saya bertemu dengan anak kawan SMP saya yang sedang mengambil pendid...