NaZaMWZcMGZ8LGZ7MGxaNGtaLDcsynIkynwbzD1c

Meta Program, Sebuah program yang digunakan untuk mensortir dan menentukan hal-hal yang menarik perhatian.

BLANTERLANDINGv101
3034015059065731839

Meta Program, Sebuah program yang digunakan untuk mensortir dan menentukan hal-hal yang menarik perhatian.

31/03/19


Seorang anak merebut mainan kuda-kudaan milik anak tetangga sebelah dan menaikinya. Si empunya mainan tentu tidak terima, namun karena badannya kalah besar dia hanya bisa menangis. Merasa malu dengan perilaku anaknya, orang tua dari anak yang merebut mainan itu mencoba merayu, tapi si anak tidak mau menggubris.

Kebetulan saat itu ada seorang polisi lewat dan dimintai bantuan untuk membujuk si anak, tapi tidak mempan juga.

Giliran dokter datang membujuk, tapi si anak masih cuek. Demikian seterusnya datang berturut-turut, ada bidan, tentara, badut, hingga mendatangkan gurunya dari sekolah, tapi masih juga tidak mempan.

Setengah putus asa,  akhirnya si orang tua mendatangkan seorang dukun. Dengan tenang dan mantab, sang dukun yang mengenakan pakaian serba hitam, lengkap dengan blangkon hitamnya mendekati si anak dan berbisik pelan di telinganya. Ajaib, tanpa menunggu lama anak itupun diam-diam turun dari kuda-kudaan milik temannya itu, lalu pergi mendekati si anak tetangga untuk meminta maaf.

Semua orang yang menyaksikan kejadian itu merasa takjub. Pak polisi pun mendekati sang dukun dan bertanya tentang bisikkan ajaib apa yang membuat si anak begitu patuh? Sang dukun dengan santai menjawab: "Saya kan sudah dibayar mahal, jadi saya harus bisa menghentikan perilaku anak tersebut"

"Tapi kata-kata apa yang Bapak sampaikan sehingga anak tadi mau menurut?", pungkas pak polisi.

"Ya, saya bilang, kalau kamu masih tidak mau turun juga, maka saya akan patahkan kakimu!" jawab sang dukun sambil ngeloyor pergi.

***

Sidang Pembaca yang berbahagia, saya mendapatkan kisah di atas dari sahabat saya Om Danang Setyo Baskoro. Dan kisah tadi langsung mengingatkan saya pada salah satu bagian dari keilmuan NLP (Neuro Linguistic Programing) yang bernama Meta Program.

Meta program adalah program yang kita gunakan dalam sistem pikiran dan tubuh untuk melakukan input dan memproses informasi. Program ini berfungsi sebagai alat filter setiap kali kita akan mempersepsi, memperhatikan hal-hal yang kita anggap penting, serta memasukkan dan memproses stimulus. Meta Program merupakan suatu filter dalam pikiran manusia yang akan membentuk mental map.

Mempelajari meta program akan membuat kita lebih mudah untuk mengerti cara orang memproses informasi yang masuk melalui indra. Meta Program merupakan pola internal yang menentukan bagaimana seeorang membentuk representational system dan mempengaruhi prilakunya.

Meta Program merupakan program internal yang digunakan untuk mensortir dan menentukan hal-hal yang menarik perhatian.

Pikiran melakukan generalisasi, menghapus dan mengedit beberapa informasi dari luar karena hanya mampu mengolah sedikit informasi pada saat yang sama. Meta Program akan memberikan informasi pada kita bagaimana seseorang mengolah informasi itu.

Dapat disimpulkan bahwa meta program merupakan program sebagai syarat yang dimiliki oleh seseorang, untuk mengambil keputusan dalam berperilaku.

Setiap keputusan yang diambil manusia pada dasarnya mempunyai alasan yang melandasinya. Alasan yang melatarbelakangi perilaku tersebutlah yang disebut Meta Program
***
Berikut beberapa contoh meta program:
Set 1: Proactive vs Reactive
Proactive = preferensi untuk senantiasa bertindak dwngan cepat dan mengambil inisiatif
Reactive = preferensi untuk menunggu, menimbang-nimbang dulu sebelum bertindak

Set 2: Towards vs Away from
Towards = berfokus mendapatkan kenikmatan (mencapai goal)
Away From = fokus menghindari kesengsaraan (masalah)

Set 3: Internal Reference vs External Reference
Internal Reference = menggunakan standar pribadi ketika bertindak
External Reference = menggunakan standar orang lain ketika bertindak

Set 4: Options vs Procedure
Options = preferensinya berdasarkan banyak pilihan/kemungkinan
Procedure = preferensinya berdasarkan rencana bertahap

Set 5: General vs Specific
General  = fokusnya pada gambaran besar
Specific = fokusnya pada hal yang mendetail

Set 6: Matching vs Mismatching
Matching = fokusnya pada menemukan sesuatu yang bagus dan benar
Mismatching =  fokusnya pada menemukan sesuatu yang buruk dan salah 

Dan masih terdapat beberapa set meta program lainnya.

***

Sidang pembaca yang berbahagia, kita kembali kepada cerita di atas. Semua orang yang mencoba membujuk si anak berasumsi (atau tidak sadar) bahwa sebagai anak kecil tentunya dia akan mudah diiming-imingi sesuatu (set towards). Sementara dalam kenyataannya mungkin saja anak ini sudah terlalu sering kecewa dengan iming-iming, maka setnya bergeser menuju away from.

Kedatangan sang dukun dengan kata-kata mematahkan kaki merupakan sebuah 'ancaman nyata' bagi dirinya. Maka warning system ini kemudian cocok dengan meta program yang tersimpan di dalam dirinya, yaitu away from (menjauhi kesengsaraan) 

Ternyata memang benar kata orang bahwa Mempelajari NLP akan memudahkan kita dalam mencapai goal kita.

Berikut beberapa manfaat mengaplikasikan Meta Program dalam kehidupan kita:

Konseling Karier
Analisa Budaya Perusahaan dan Manajemen Perusa­haan
Merekrut dan Menyeleksi Karyawan
Membangun Tim
Negosiasi
Analisa Pasar
Pendidikan
Dll.

Selain Meta Program,  NLP juga mengajarkan beberapa bahasan andalan seperti meta model, milton model, anchoring, frame dan reframing. Belum lagi teknik-teknik praktis terapi dan coaching seperti Circle of Excellence, Swish Pattern, Perceptual Position, dll.

Anda ingin juga menguasai NLP,  bahkan mungkin ingin menjadi Trainer NLP?


Tabik
-haridewa-
Happiness Life Coach




BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang