POSTINGAN POPULER

Saturday, February 23, 2019

Sanctuary

Tempat Suci
Hampir semua agama memiliki tempat suci mereka masing-masing berkenaan dengan ritual peribadatan mereka. Islam dengan Mekah dan Madinahnya, Kaum Nasrani dan Yahudi dan juga Islam dengan Palestinanya, Gunung Kailasa Tibet untuk agama Hindu, dsb. Kenapa tempat-tempat tersebut dianggap suci, tentunya selain sejarah yang terkandung di dalamnya juga karena persepsi yang muncul pada para penganut agama bersangkutan.
Konsekuensi logis dari persepsi ini maka mereka yang meyakini sebuah tempat merupakan tempat suci mereka, maka mereka akan merasa mendapatkan kedamaian ketika berada di sana. Tercipta sebuah ikatan (asosiatif) antara tempat dengan perasaan kita, sehingga muncul kedamaian hati.
Hasil gambar untuk sanctuary
Beberapa seniman rupanya juga membutuhkan lokasi khusus untuk 'nenepi' (mengasingkan diri) dari keriuhrendahan masyarakat demi memeroleh inspirasi untuk karya-karya mereka. Pada kasus ini juga tercipta ikatan emosi antara tempat tersebut dengan perasaan sang seniman sehingga muncul sebuah proses kreatif tertentu
Dalam situasi dan kondisi yang sedikit lebih ekstrim, beberapa bangsa di dunia ini 'melarikan diri' ke negara lain dalam rangka memperoleh perlindungan atau mendapatkan keamanan. Biasanya situasi yang terjadi di negara bersangkutan sedang chaos atau bahkan perang. Istilah yang sering kita dengar, mereka meminta SUAKA dari negara tetangga mereka.
***

New Technic
Rupanya Grinder (Sang Creator NLP) sangat jeli dalam memahami kebutuhan perlindungan ini. Sebagai pencipta NLP yang memang berkecimpung dalam pemberdayaan pikiran bawah sadar manusia, maka Grinder mencoba membantu mengatasi perasaan tak nyaman seseorang ketika mengalami sebuah kondisi tertentu.

Misal ketika seorang presentor mengalami kesalahan, atau seorang lawyer sedang mengalami serangan gencar dari kubu lawan, tentu perasaan mereka akan menjadi negatif.
Dengan pendekatan teknik asosiasi-disasosiasi, anchoring dan sub modality mapping accross, maka terciptalah sebuah teknik bernama 'sanctuary'.

Sebagaimana namanya, maka sanctuary merupakan sebuah lokasi imajiner yang bisa membuat kita merasakan sebuah keamanan atau kenyamanan, sehingga mampu menghilangkan energi negatif yang sedang melanda diri kita. Lokasi ini bisa kita ciptakan di tempat kita akan melakukan sebuah aktivitas, yang dimungkinkan akan memberi kita energi negatif, seperti contoh di stage kita presentasi atau di ruang sidang bagi para lawyer. Keren apa keren?
Terus,  bagaimana cara membuat sebuah sanctuary?

  1. Buatlah sebuah lingkaran di lantai dengan diameter sekitar 50 cm, beri warna sesuai keinginan Anda.
  2. Masuk ke dalam lingkaran tadi dan akses semua pengalaman menarik yang pernah Anda alami, untuk kemudian hubungkan (ciptakan anchor) tempat tadi dengan suasana menyenangkan dari pengalaman tadi. Jika memang diperlukan boleh sambil mendengarkan musik favorit atau ciptakan juga anchor fisik (kinestetik). Lingkaran tadi adalah sanctuary (tempat perlindungan)  Anda
  3. Keluar dari lingkaran tadi (disasosiasi). Kemudian lihat ke arah lain dengan jarak tertentu dimana kondisi Anda sedang galau, lemah, low energy, dan menyerap energi negatif. Begitu Anda merasakan energi negatif begitu kuat menyerang, ditandai dengan gerakan in voluntary yang mencemaskan, segera masuk ke lingkaran tadi dan sembuhkan diri Anda
  4. Keluar lagi dari lingkaran dan mulai berjalan lambat menuju tempat dimana Anda merasakan energi negatif tadi. Pelan saja bergeraknya sambil merasakan sinyal tubuh merasakan kehadiran energi negatif itu. Begitu Anda merasakan tanda negatif, meski sekecil apapun, segera masuk ke sanctuary
  5. Ulangi langkah ini beberapa kali, sampai Anda merasa kuat dan berani meski sudah berada di luar sanctuary

Sederhana bukan? Thanks Mr. Grinder for this impacfull technic.

Ah, ternyata NLP itu memang mudah, dan memudahkan hidup kita.
***
Becoming NLP Trainer
Anda ingin mempelajari keilmuan NLP ini dengan komplit? Bukan sekedar teknik yang akan kami ajarkan. Metodologi, attitude dan business opportunity juga akan kami berikan dalam COMPREHENSIVE NNLP BOOTCAMP 2.0, yang akan digelar selama 5 hari di tempat sama yaitu Grand Mutiara Hotel Cipayung Bogor.
Batch pertama yang digelar bulan November 2018 telah melahirkan 12 Certified Trainer yang juga telah membuat kelas NNLP mereka sendiri.

Segera daftarkan diri Anda pada bootcamp yang luar biasa ini. Hubungi:
- Mas Joko: +62817878337
- Mas Kono: +6287872152653

Tabik
-haridewa-
Happiness Life Coach
NNLP Master Trainer
www.thecafetherapy.com

No comments:

Artikel Unggulan

NEW BEHAVIOR GENERATOR

S egala sesuatu yang terjadi di dunia ini selalu melalui dua proses penciptaan. Mental Creation dan physical creation . Proses pertama ...