POSTINGAN POPULER

Wednesday, November 28, 2018

RUBIK & NLP

Kubus Rubik adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, Ernő Rubik.  Kubus ini terbuat dari plastik dan terdiri atas 27 bagian kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika terselesaikan/terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.

Saya mengenal rubik untuk pertama kalinya ketika duduk di bangku SD, beberapa puluh tahun yang lalu. Namun perkenalan itu tidaklah berlangsung lama dikarenakan saya tidak pernah bisa menyelesaikan rubik tadi dengan sempurna. Karena merasa bahwa teka-teki kubus itu terlalu rumit untuk anak seusia saya, maka saya kapok memainkannya. Beberapa tahun yang lalu demam rubik rupanya berulang kembali. Kali ini saya sangat bersemangat memainkan teka-teki ini karena sudah banyak informasi mengenai algoritma pemecahannya. Banyak buku, media masa dan tak ketinggalan youtube juga menyediakan video dalam pelbagai variasi dan kualitasnya.

Berbeda dengan dulu, dimana saya tidak pernah mampu menyelesaikan teka-teki ini meski telah berjuang dalam kurun waktu lama, kini saya mampu menyelesaikan rubik ini dalam hitungan menit. Kenapa bisa terjadi? Karena saya telah menguasai algoritmanya.

Algoritma Rubik
Sebelum memainkan rubik, kita harus mengenali kubus ini dengan baik. Seperti halnya kubus lain, rubik memiliki 6 sisi. Dan untuk memudahkan kita menyebutnya maka kita akan memberi sisi ini nama/label. Saya akan menggunakan istilah aslinya, yaitu bahasa Inggris.

Sisi yang menghadap diri kita biasa disebut Front (F), dan sisi dibaliknya disebut Back (B). Sisi sebelah kanan disebut Right (R), sisi kiri disebut Left (L). Sisi atas disebut Up (U), sisi bawah disebut Down (D)Setiap sisi tersusun atas satu keping tengah yang disebut sebagai Center, 4 kotak sudut yang disebut Corner,  dan 4 keping tengah tepi yang disebut Edge.

Setelah mengenali semua komponen kubus ini maka langkah pertama yang perlu diambil adalah membuat bidang plus (➕) pada sisi D. Kemudian menyelesaikan semua keping D menjadi satu warna. Setelah sisi D ini sempurna, barulah kita bisa melanjutkan pada bagian tengah, dan terakhir bagian atas. Semua pergerakan memutar keping-keping kubus ini sudah dibuatkan polanya untuk kemudian diberi kodifikasi masing-masing. Jika tertulis kode R, itu artinya kita mesti memutar sisi kanan searah jarum jam. Jika R' (R aksen), itu berarti kita diminta memutar sisi kanan berlawanan arah jarum jam. Untuk kode L agak berbeda sedikit karena justru kita diminta memutar sisi kiri berlawanan arah jarum jam. Sebaliknya L' itu artinya memutar sisi kiri searah jarum jam. Pola U dan  F sama dengan R,  sementara B & D sama dengan L.

Demikianlah sekilas algoritma rubik yang jika diikuti dengan baik akan mampu mengantarkan siapapun menjadi juara dunia permainan rubik ini. Baru-baru ini warga Australia terkesima atas rekor dunia yang dipecahkan oleh Feliks Zemdegs asal Melbourne.
Pria 20 tahun itu mememecahkan rekor dunia dalam 3x3x3 konten rubik tradisional dengan waktu penyelesaian adalah 4,73 detik. Wow!
***

NLP
Neuro Linguistic Programming adalah sebuah pendekatan komunikasi,  pengembangan pribadi, dan psikoterapi  yang diciptakan oleh Richard Bandler  dan John Grinder di California, USA pada tahun 1970-an.  
Penciptanya mengklaim adanya hubungan antara proses syaraf (neuro), bahasa (linguistic) dan pola perilaku yang dipelajari melalui pengalaman (programming) dan bahwa hal tersebut dapat diubah untuk mencapai tujuan tertentu dalam kehidupan. Bandler dan Grinder mengklaim bahwa ketrampilan seseorang dapat 'dimodel' menggunakan metodologi NLP kemudian ketrampilan tersebut dapat dimiliki oleh siapa saja. Bandler dan Grinder juga mengklaim bahwa NLP dapat mengobati masalah seperti phobia,  depresi, gangguan kebiasaan, penyakit psikosomatik, miopi, alergi, flu dan gangguan belajar, seringkali hanya dalam satu sesi terapi.

Seperti halnya permainan rubik tadi, NLP juga mengajarkan pengenalan kepada diri sendiri. Bahwa setiap individu memiliki sisi mereka masing-masing. Bahwa 'the map is not the territory'. Kita mempelajarinya dalam Peta Model Dunia Manusia  (Human Model of The World). NLP juga mengajarkan algoritma langkah pencapaian yang dimulai dari pengenalan presuposisi, perencanaan matang (WFO), pola bahasa, sampai ke teknik-teknik yang terjamin ampuh dalam mencapai WFO. Secara singkat bisa disimpulkan bahwa NLP merupakan sebuah teknik agar manusia bisa memperoleh kualitas kehidupan yang mereka inginkan, yaitu BAHAGIA. Maka beberapa buku NLP yang beredar di masyarakat juga tak luput dari branding pencapaian hidup bahagia ini. Sebut saja buku tulisan Teddi Prasetya Yuliawan yang berjudul The Art of Enjoying Life, atau buku Hingdranata Nikolay yang berjudul Be Happy, Get The Life You Want. Kedua buku ini mengulas aplikasi NLP dalam mencapai hidup yang bahagia.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah tanpa belajar NLP, kita tidak akan bahagia? Tentu saja tetap bisa, namun tanpa memahami algoritma pikiran kita, mungkin kita membutuhkan waktu yang sangat lama dalam menggapainya. Syukur-syukur kalau kita dikaruniakan umur panjang, sehingga bisa mengeksplor rahasia hidup bahagia tadi.
Kembali pada permainan rubik tadi, tanpa mengenal algoritmanya maka kita memerlukan waktu panjang untuk menyelesaikan ke enam sisinya. Dengan mengenal algoritmanya, terbukti bahwa Feliks Zemdegs mampu menyelesaikan semua sisinya hanya dalam waktu 4,73 detik.

Nah, bagi Anda yang mengharapkan kehidupan yang bahagia, kini Anda tahu apa yang mesti Anda lakukan. Kenalilah algoritma hidup bahagia tadi.

Tanggal 6-10 Maret  2018, Cafe Therapy akan menghelat acara perkenalan pada algoritma hidup bahagia ini berupa camp NNLP Basic, Master hingga Trainer di Grand Mutiara Hotel Cipayung Bogor. Selama 5 hari kita akan berkemah dan saling mengenal satu sama lain sambil mempelajari sejarah, pilar, presuposisi, WFO hingga aplikasi teknik dalam kehidupan sehari-hari. Malam harinya kita akan mempraktekkan keilmuan ini untuk membantu memberdayakan masyarakat sekitar mendapatkan kualitas hidup yang mereka inginkan.

Menarik bukan? Jangan sampai ketinggalan, you are the one.
Tunggu apalagi, segera hubungi nomor kontak di bawah ini, karena seat yang tersedia hanya untuk 20 peserta saja.

- Mas Joko: +62817878337
- Mas Kono: +6287872152653

Tabik

-haridewa-
Happiness Life Coach
NNLP Master Trainer

No comments:

Artikel Unggulan

PBS & SATPAM

Tahukah Kawan, bahwa ternyata otak manusia memerlukan energi yang sangat besar ketika beroperasi (berpikir). Ketika kita memikirkan sebuah ...