POSTINGAN POPULER

Saturday, January 27, 2018

Percaya vs Yakin


Wow, jadi ini rupanya salah satu kunci doa yang makbul!  YAKIN!

Hasil gambar untuk trustPagi ini saya mendengar tausiah Ust Abi Makky di salah satu stasiun TV swasta yang mengulas tentang adab dalam berdoa. Betapa banyak dari kita yang sering memanjatkan doa, namun merasa bahwa Allah tidak adil karena belum mengijabahnya juga.  Begitu sering kita berdoa minta kesejahteraan diiringi dengan ibadah tak kunjung putus namun hidup kita masih begini-begini saja. Sementara banyak pihak di luar sana yang sepertinya ibadahnya biasa saja kalau tak boleh dibilang ahli maksiat kok kehidupannya lebih sejahtera dibanding kita. Kira-kira begitu opening dari Ustadz Abi Makky.

Bahkan sebenarnya jajaran malaikat di atas sana sudah jengah dengan perilaku para ahli maksiat ini sehingga para malaikat itu menutup pintu langit agar doa ahli maksiat ini tidak tembus sampai ke langit. Namun anehnya Allah malah memerintahkan malaikatnya untuk membuka kembali pintu langit. Ketika mereka bertanya, maka Allah berkata, "Aku suka dengan keYAKINan mereka bahwa Aku akan mengabulkan doa mereka. Aku suka mereka YAKIN bahwa hanya Akulah yang mampu mengabulkan doa mereka. Dan Aku suka bahwa mereka YAKIN kalau Aku pasti mengabulkan doa mereka"

Dalam kisah lain ketika nabi Ibrahim menghadapi hukuman bakar oleh Namrud, datanglah Jibril menawarkan bantuan. Namun Ibrahim menolak dengan halus, "Aku memang sedang berada dalam masalah besar tapi aku tidak butuh bantuanmu wahai Jibril, aku hanya perlu bantuan Allah, karena aku YAKIN hanya Dia yang mampu membantuku selamat dari jilatan api yang membara ini". Maka Allah memerintahkan api untuk menjadi kawan Ibrahim, “Hai api, menjadi dinginlah dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim” (Qs 21 ; 69)
Hasil gambar untuk trust
Saya yakin Anda juga pasti sudah membaca cerita sederhana di bawah ini:
Suatu hari di sebuah kampung diadakan shalat istisqa' untuk berdoa meminta hujan. Warga kampung pun berdatangan ke lapangan membawa sajadah dan alas. Ada keanehan saat seorang anak kecil datang tidak hanya membawa sajadah tapi juga membawa payung. Maka dia pun ditanya oleh warga lain mengapa membawa payung. Jawaban anak ini sungguh luar biasa "Saya YAKIN setelah shalat selesai Allah akan menurunkan hujan". Wow!

Keyakinan sangat penting dalam segala aktivitas kita. Keyakinan bisa membuat seseorang melakukan pekerjaan yang di luar nalar dan akal sehat manusia. Tindakan bisa positif bisa juga negatif. Teroris yang berani melakukan bom bunuh diri dilandasi oleh keyakinan yang salah. Jika keyakinannya benar maka tindakannya juga hasilnya berupa kebaikan dan kemenangan.
***
Sidang Pembaca yang budiman seringkali juga kita mendengar percakapan sederhana seperti ini. 

"Lu percaya sama gue khan?"
"Percaya kok!"
"Yakin?"
"Enggg...
"

Sebenarnya apa sih perbedaan percaya  dan yakin ?  Untuk lebih mudahnya saya akan menggambarkannya melalui  cerita di bawah ini. 

Suatu hari Anda memasang lowongan kerja untuk driver karena Anda merasa capek kalau mesti berkendara Jakarta-Bogor setiap hari. Dari sekian banyak kandidat, akhirnya Anda memilih satu orang yang menurut Anda paling berkualitas sebagai seorang driver. Ini namanya PERCAYA. Anda percaya bahwa kandidat tadi memang memiliki kompetensi sebagai seorang driver dan mampu membawa mobil Anda dengan baik dan benar.

Di hari pertama Anda berkendara dengan driver tadi Anda masih belum merasa nyaman karena belum mengenal gaya menyupir driver tadi. Sampai setelah beberapa hari Anda mulai nyaman dan bahkan bisa tidur di perjalanan. Ini yang namanya YAKIN. Anda sudah menyerahkan hidup Anda di tangan driver Anda.

Kembali ke doa yang dikabulkan. Kalau selama ini Anda sudah berdoa, itu menandakan Anda percaya dengan adanya Allah,  namun sudahkah Anda siap menyerahkan hidup Anda kepada Allah? Kalau belum berarti Anda belum YAKIN.

Hasbunallah wanikmal wakil, 
nikmal maula wanikman nasir

Sila tebar jika manfaat

Tabik
-haridewa-
Happiness Life Coach
FB: Hari Dewanto
WA: 08179039272

No comments:

Artikel Unggulan

ENTER

Sudah hampir 2 tahun ini masyarakat Purwakarta dan sekitarnya dimanjakan oleh pertunjukan airmancur menari yang dihelat setiap malam minggu ...