POSTINGAN POPULER

Saturday, December 30, 2017

My Disk is Full!

Saya mendapatkan artikel ini dari internet. Dan saya pikir akan sangat baik sekali jika Anda semua juga mendapatkannya.

Pernahkah Anda membaca satu artikel atau mendengar dari seseorang bahwa para lansia (di artikel tersebut disebut sebagai Senior Citizen) mengalami demensia, mudah lupa, pikun dan lain lain karena terjadinya penurunan fungsi otak?  Atau bahkan ada yang berpendapat itu semua terjadi karena organ para lansia mengalami penyusutan  volume, termasuk otak mereka.

Namun ternyata semua anggapan itu tidaklah benar adanya. Dr. Michael Ramscar, seorang pakar neuro-science dari Tübingen University di Germany menyatakan bahwa para lansia memerlukan waktu lebih untuk mengingat sesuatu dikarenakan memori otak mereka yang sudah penuh. Ibarat komputer yang overloaded, maka saat tunda (loading time) nya menjadi lebih panjang dibandingkan dengan komputer yang masih memiliki space cukup. 

Sehingga para scientist di universitas tersebut yakin bahwa proses melambatnya cara berpikir para lansia ini tidak sama dengan penurunan fungsi kognitif.
Dr. Ramscar mengatakan lagi bahwa berbeda dengan fisik yang akan melemah sejalan dengan bertambahnya usia,  secara mental seseorang tidak akan mengalami penurunan fungsi yang berarti diakibatkan oleh bertambahnya usia. Otak manusia bekerja lebih lambat di usia senja hanya karena mereka menyimpan terlalu banyak informasi. Otak para lansia ini tidak melemah, sebaliknya otak itu hanya kelebihan muatan.  Para lansia terkesan pelupa, justru karena mereka 'tahu terlalu banyak'

Mungkin Anda pernah melihat kakek atau nenek Anda berjalan keluar kamar menuju ke ruangan lain dan sesampai di sama mereka terlihat bingung karena tidak tahu apa yang akan mereka lakukan. Kemudian mereka kembali ke kamar lagi dan baru ingat apa tujuan mereka keluar kamar tadi dan mereka kembali ke ruangan lain tersebut.   Ketahuilah bahwa itu ternyata bukan MASALAH PIKIRAN, ternyata itu adalah cara alam agar para lansia ini melakukan lebih banyak pergerakan tubuh.

Jadi mulai sekarang ketika tiba-tiba Anda melupakan satu kata atau satu nama, jangan pernah mengatakan,  "Aduh ternyata aku sudah semakin tua",  namun katakanlah,  "(My Disk is Full!) Memoriku sudah penuh, sudah saatnya menata ulang memori ini"

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menata ulang memori ini?  Memori apa yang masih perlu disimpan dan memori apa yang seharusnya dibuang?
Secara prinsip semua memori adalah netral, kitalah yang kemudian memberi makna apakah sebuah memori menjadi memori indah atau sebaliknya. Memori-memori indah perlu dipertahankan karena mampu membantu kita memicu keluarnya hormon kebahagiaan seperti endorfin dan serotonin.

Kalau begitu, artinya memori yang perlu dibuang adalah memori yang pernah kita maknai sebagai memori jelek. Kita merasa depresi, stress atau tertekan seringkali diakibatkan oleh perasaan dendam dan kebencian kepada orang lain. Oleh karena itu salah satu bentuk terapi yang dikembangkan di dunia psikologi adalah terapi memaafkan (Forgivenes Therapy).

Secara teoritis, memaafkan orang lain tentu sangat baik, bahkan disarankan oleh semua agama, namun dalam prakteknya tidaklah mudah untuk melakukannya. Maka untuk memudahkan proses ini perlu adanya edukasi mengenai teknik yang powerful ini sbb:
  1. Memaafkan bukan berarti melupakan 
  2. Memaafkan tidak harus memberitahukan 
  3. Memaafkan adalah melepaskan, bukan memberi
  4. Memaafkan adalah untuk kenyamanan diri sendiri
  5. Memaafkan bukan berarti menyukai pihak yang telah menyakiti

Dan secara lengkap proses Forgiveness therapy adalah:
  • Meminta maaf kepada orang lain
  • Memberi maaf kepada orang lain
  • Meminta maaf dan memberi maaf kepada diri sendiri.

Dalam hipnoterapi, terdapat berbagai macam variasi teknik ini mulai dari sekedar meminta maaf dan memberi maaf secara searah sampai dengan simulasi konsep Gestalt, sehingga akan terjadi proses yang ekstrim (misal pertengkaran hebat), sebelum diakhiri dengan proses pemaafan.

Anda bisa menghubungi Hari Dewanto di nomor 08179039372 jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Forgivenes Therapy dan atau teknik hipnoterapi lainnya yang akan memberdayakan kehidupan Anda.

Atau Anda bisa juga mendaftarkan diri Anda pada Workshop Find The Hypnotist in YOU! yang rutin kami selenggarakan setiap bulan bertempat di  Cafe Therapy, Jl Johar Raya No 27 Taman Cimanggu Bogor

Terimakasih


Tabik
- haridewa -

No comments:

Artikel Unggulan

PETE MATCHING

Entah sejak kapan tepatnya saya tidak ingat, kenapa saya sangat hoby makan pete. Bahkan jauh sebelum beredarnya artikel di dumay mengenai k...