POSTINGAN POPULER

Saturday, December 30, 2017

Because Superman is Dead!

'Lotus Thamrin Tutup Gerai Susul Ramayana dan Matahari'; berita sejenis ini wira wiri di medsos beberapa minggu terakhir. Sempat takjub setengah tak percaya juga membaca headline seperti itu. Masak sih raksasa ritel sekelas  Ramayana, Lotus,  bahkan Matahari bisa gulung tikar? Faktor apa sebenarnya yang mengakibatkan para superstore tadi kolaps? Pertanyaan ini berkelebat silih berganti di benak saya yang awam ini.

Sebelum meneruskan pembicaraan mengenai kolapsnya raksasa ritel-yang menurut saya sangat serius-tadi, saya ingin mengajak Anda untuk relaks sejenak dengan membahas beberapa film superhero milik DC Comics serta Marvel.

Kita tahu bahwa jagoannya superhero yang sangat terkenal adalah Superman, yang diproduksi oleh DC Comics. Semua orang paham makhluk kelahiran planet Krypton ini sangatlah sakti mandraguna. Selain bisa terbang, kebal peluru, bermata laser, pendengaran supersonic, hembusan salju dan seabreg kelebihan lain yang membuat dirinya dijuluki Man of Steel alias manusia baja. Namun dibalik semua kesaktiannya tadi, semua orang juga tahu bahwa dia memiliki kelemahan, yaitu batuan kriptonik (Kryptonite Chrystal) yang berasal dari pecahan planet Krypton. Di antara ragam batuan kriptonik, kriptonik hijaulah yang memiliki lethal dose (dosis mematikan) kepada Clark Kent. Nah, batuan ini jugalah yang digunakan Batman untuk mengakhiri petualangan sang manusia baja di bumi kita ini. So, Superman finally is dead.
***

Mari kita telaah dengan santai saja fakta yang dimiliki oleh Kal El (nama asli dari Clark Kent) ini:
  1. Selain seabreg kelebihan dibandingkan dengan makhluk bumi, dia juga menyimpan sebuah KELEMAHAN
  2. Superman dengan semua superpowernya senantiasa bergerak sendiri. Single Fighter. 
  3. Ini yang menurut saya tidak logis, perbedaan antara Clark Kent dengan Superman hanya ada di kaca mata dan kostum, namun seolah semua orang tidak tahu bahwa mereka adalah sosok yang sama. 

Dari beberapa film yang saya tonton, menurut saya faktor pertama dan kedualah yang membuat Superman pada akhirnya tewas. Karena dia memiliki kelemahan dan selalu single fighter, maka ketika lawan mengetahui kelamahannya, tak ada pihak yang bisa mem-back up dirinya.
***

Kembali ke berita mengenai gulung tikarnya Matahari dan beberapa retailer besar lain. Saya kok merasa ada kemiripan dengan nasib Superman tadi. Mereka semua ini juga dikenal sebagai superpower-nya bisnis retail di Indonesia. Tentunya dengan semua kedigdayaan mereka, mereka merasa bahwa dengan single fighter saja mereka akan mampu melewati badai kosmik perubahan digitalisasi yang oleh Prof Rheinald Kasali disebut sebagai era Disruption. Mereka tidak sadar bahwa ancaman batu kriptonik telah nyata dan membesar dengan kecepatan yang sulit diprediksikan. Ya, batu kriptonik hijau itu adalah pasar online, yang nyatanya lebih digemari oleh kidz jaman now.
***

Dan karena Superman sudah mati, maka saya sekarang senang menonton Avenger. Apa sih kehebatan Avenger dibanding Superman?

Dipimpin oleh Kapten Fury, Avenger merupakan sekumpulan superhero yang senantiasa bahu membahu dalam menghadapi ancaman terhadap dunia ini
Anggota dari Avenger memiliki kelebihan masing-masing seperti
  1. Captain America yang sangat gesit dan penuh strategi, mahir menggunakan senjata api dan senjata khusus miliknya berupa tameng bundar serta jago bertarung tangan kosong.
  2. Thor yang merupakan dewa Asgard yang bisa terbang. Memiliki senjata sebuah palu yang dapat memanipulasi cuaca dan mendatangkan dan menembakkan petir bertegangan tinggi.
  3. Iron Man yang memiliki baju zirah bahan titanium yang  tahan serangan sampai tingkat tertentu. Jet booster yang ada di telapak kaki dan tangannya membuatnya mampu terbang. 
  4. Hulk yang memiliki kekuatan fisik, kecepatan dan kelincahan gerak, dan kemampuan menyembuhkan diri dengan cepat
  5. Black Widow memiliki kemampuan menggunakan berbagai macam persenjataan serta kekuatan fisik di atas rata-rata manusia normal. 
  6. Hawkeye memiliki keakuratan dalam melesatkan anak panah sampai 99,99%

Apakah mereka tidak memiliki kelemahan? Tentu saja ada. Bahkan beberapa kali terjadi beda pendapat di antara mereka, namun dengan tujuan yang sama yaitu melindungi bumi ini dari ancaman laten Hydra, maka mereka justru berkolaborasi untuk memunculkan kehebatan masing-masing sembari menutup kelemahan koleganya. They think differently but act together and sinergically.
***

Betul Kawan, di jaman now ini jawaban agar tetap survive adalah kolaborasi dan sinergi. Tak bisa lagi kita berkutat pada diri kita sendiri, sekuat dan sehebat apapun kita, seperti laiknya Superman, pada akhirnya akan muncul juga kriptonik hijau yang mampu membinasakan kita.

Maka apapun profesi Anda, cobalah untuk bergabung di komunitas yang memiliki visi sama dengan Anda. Atau minimal buatlah sebuah mastermind guna mengasah kepekaan pemikiran kita dengan kolega yang lain.

Maka Kawan, untuk melihat betapa kolaborasi dan sinergi ini sangat berdaya, ijinkan saya menceritakan kisah kecil dari ranah Minang ini.

Alkisah ada seorang guru matematika dari Jawa yang dipindahtugaskan ke ranah Minang. Pada hari pertama mengajar saja dia sudah dibuat bingung oleh perilaku anak didiknya ketika dia memulai pelajaran berhitung dasar.

Setiap kali dia menanyakan hasil jumlah 1 + 1 selalu dijawab 3 oleh para murid. Karena kesal, dia tinggalkan kelas dan menuju ruang guru. Sambil menggerutu dia ceritakan pengalaman pertamanya tersebut kepada kawan gurunya. Namun bukan mendapat pencerahan guru dari Jawa tadi malah bertambah bingung karena semua guru juga menjawab hal yang sama. Satu ditambah satu adalah tiga.

Menghindari spaning, dia menghadap Kepala Sekolah, berharap mendapat pencerahan. Dia ceritakan duduk permasalahannya. Dan dengan bijak Kepala Sekolah memberikan jawabannya. "Itu bana Pak Guru. Cie tambo cie itu tigo. Kalau duo indak ado untungnyo!" Gubrak....


Tabik
-haridewa-

No comments:

Artikel Unggulan

PETE MATCHING

Entah sejak kapan tepatnya saya tidak ingat, kenapa saya sangat hoby makan pete. Bahkan jauh sebelum beredarnya artikel di dumay mengenai k...