POSTINGAN POPULER

Friday, December 02, 2016

Slim Talk

'A simple Talk to get Slimmer’
 
Kerapkali proses untuk memeroleh tubuh ideal menjadi hal yang menyiksa. Masuk ruang operasi, “berteman” dengan jarum suntik, sedot lemak, akupuntur, hingga menyetop makanan yang disukai. Tapi kini ada cara nyaman, alami dan sehat untuk menurunkan berat badan, yaitu dengan menggunakan pendekatan hipnosis. Sebenarnya teknik ini sudah dikembangkan sejak beberapa dekade yang lalu oleh pakar hipnosis baik di luar maupun dalam negeri. Beberapa pakar pemberdayaan pikiran nusantara yang telah terbukti berhasil mempraktekkan metode ini adalah Juli Triharto dengan brand HypnoLangsing dan Adi W Gunawan dengan hypno-slimming nya.

Sudah ribuan orang yang terbukti berhasil mendapatkan kondisi tubuh yang ideal berkat pendekatan hipnosis ini. Nyatanya program hipnolangsing dan hypnoslimming masih terus dibanjiri peminat sampai sekarang.
***

Tanpa berniat bersaing dengan para pendahulu tadi, justru dengan mengadopsi beberapa keunggulan program mereka, maka saya mencoba menyusun sebuah program baru yang saya sebut dengan SLIMTALK
 
'Lapar Fisik dan Lapar Emosional'
Sebenarnya yang menentukan body size seseorang adalah pikirannya sendiri (mindset). Kebiasaan (habit) seseorang, disadari atau tidak, telah mengubah perilaku yang membuatnya menjadi overweight. Gaya hidup seperti jarang bergerak/kurang aktivitas karena terlalu bergantung pada mesin dan pola makan tidak sehat menjadi faktor penyebab obesitas, dimana seseorang kehilangan kesadaran akan sinyal tubuh sendiri.
 
Nah, kebanyakan orang sulit membedakan antara lapar fisik dan lapar emosi. Lapar fisik ditandai tubuh perlu asupan (intake) dan biasanya datang secara pelan-pelan. Ketika tubuh dalam keadaan rileks cenderung lebih mudah mendeteksi lapar fisik.
Sedangkan lapar emosional adalah lapar yang di-drive karena faktor emosi, indrawi, mood, yang muncul secara tiba-tiba. Seperti ketika melihat orang yang sedang makan, tiba-tiba lapar atau mencium bau makanan langsung timbul rasa lapar.

Akibatnya orang makan berlebih. Pada kasus lapar emosi, intake lebih banyak daripada output sehingga kelebihan cadangan makanan yang akan disimpan dalam bentuk lemak, inilah penjelasan paling rasional kenapa kebanyakan orang sulit menjaga kondisi ideal tubuhnya. Bahkan dalam beberapa kasus mood and food senantiasa terkoneksi. Ketika marah atau terlalu sedih, beberapa orang cenderung makan lebih banyak tanpa memerdulikan sinyal tubuh lagi. Atau dalam kondisi macet di jalan raya kita cenderung ngemil dengan alasan untuk menghindarkan stress. Alhasil kembali lagi sinyal tubuh kita abaikan. Intake menjadi lebih besar daripada output, maka timbunan lemakpun mulai terbentuk.
 
Fokus Pada Kondisi Ideal Yang Diinginkan
Berbeda dengan program-program diet yang senantiasa berfokus pada berat badan, maka program ini lebih berfokus pada kondisi tubuh ideal seperti apa yang diinginkan. Kenapa begitu? Berat badan satu dan lain orang akan sangat berbeda dalam perwujudan fisiknya. Semua itu tergantung pada konstanta penyertanya yaitu tinggi badan. Maka kita perlu memahami cara mengukur berat tubuh ideal. Untuk mengetahui batas berat tubuh ideal bisa digunakan Body Mass Index (BMI) dengan rumus berikut:
 
Body Mass Index = BB (kg) / TB2 (M)
 
BB adalah berat tubuh dalam satuan kilogram
TB adalah tinggi badan dalam satuan meter.
 
Batas berat tubuh ideal adalah antara angka 18 (delapan belas) hingga 25 (duapuluh lima), bila angka berat badan dalam kilogram, dibagi dengan angka pangkat dua dari tinggi badan dalam meter. Pergeseran berat badan dalam rentang angka BMI 18 sampai 25 adalah wajar wajar saja; tidak perlu dirisaukan.
Misalnya tinggi anda 150 cm ( 1,5 mtr) dan berat tubuh anda 54 kg. Maka dengan menggunakan BMI didapatkan angka:
 
Body Mass Index             =             BB (kg)/ TB2 (M)
                                                =             54 / 1,52
                                                =             24
Berarti berat tubuh anda masih dalam kategori wajar karena masih dalam rentang antara 18 hingga 25.
 
Cara Kerja Hypnosis
Pada dasarnya manusia memiliki watak dualisme dan kontradiktif. Semua orang ingin kaya, namun mereka tidak mau kerja keras. Mereka ingin sehat tapi malas olah raga. Kita semua ingin selalu makan enak, tapi tidak mau obesitas. Dan ketika tubuh Anda mulai mengalami obesitas, sebenarnya itu juga bukan salah Anda kok. Hanya saja bawah sadar Anda yang membuat Anda berwatak dualisme dan kontradiktif tadi yang perlu diedukasi ulang.
 
Caranya bagaimana? Many ways lead to rome, namun cara yang paling cepat dan powerful adalah hipnosis. Melalui hypnosis diharapkan kebiasaan buruk tersebut dapat diubah. Hypnosis  adalah metode mengubah berbagai habit (kebiasaan) yang disadari atau tidak disadari, salah satunya adalah perilaku yang menyebabkan overweight (obesitas) dengan mengubah mindset (pola pikir) yang terdapat dalam pikiran bawah sadar Anda.
Perlu kemauan pikiran bawah sadar untuk mengimajinasikan tubuh ideal yang ingin dicapai dan menyimpan memori tersebut di pikiran bawah sadar sebagai target pribadi.  Hypnosis  diawali dengan proses induksi atau mengarahkan gelombang otak dari beta ke alfa/teta, atau dengan bahasa umum agar kita berada dalam kondisi yang sangat rilleks. Dalam kondisi ini semua sugesti akan sangat mudah dimasukkan.   Dalam kondisi bawah sadar ini pikiran tidak mampu lagi membedakan antara imajinasi dan realitas. Maka apapun yang disugestikan serta merta akan diwujudkan oleh tubuh kita.
 
(Contoh: Coba Anda tarik nafas sejenak, biarkan diri Anda merasa tenang. Kemudian bayangkan di tangan kiri Anda terdapat sebuah lemon segar. Bayangkan tetesan air yang masih menempel di kulit lemon tadi. Sekarang tangan kanan Anda memegang pisau yang sangat tajam. Belahlah lemon tadi menjadi dua, dan ambil sepotong lemon terus dekatkan ke hidung Anda. Rasakan bau segar lemon di hidung Anda, kalau perlu coba cicipi setetes saja air lemon tadi. Dan sekarang rasakan betapa asam dan kecutnya tetesan tadi. Hmmmm, saya tahu bahwa Anda sudah mengalami hipersaliva alias berkumpulnya air liur di mulut Anda sekarang. Meski lemon tadi hanya imajinasi, namun tubuh Anda merespon seolah-olah lemon itu benar-benar nyata).
 
Lama proses ini berkisar antara 15-30 menit, tergantung pada kemudahan klien mengikuti pesan-pesan induksi dan sugesti dari terapisnya. Sedikitnya dalam 21 hari kalimat atau sugesti positif tersebut sudah menetap dalam pikiran.
Ketika di rumah, Anda dapat melakukan self-relaxation dengan menggunakan rekaman audio, alphamatic brainwave, untuk memengaruhi gelombang otak agar otak menurunkan gelombangnya dari beta ke alfa. Tujuannya mengistirahatkan faktor kritis tubuh agar tubuh rileks sehingga kalimat atau sugesti positif apapun dapat diterima oleh   alam bawah sadar.
 
Anda dapat mensugesti diri Anda sendiri (auto suggestion) seperti tentang persepsi tubuh, konsep diri, konsep makanan atau kebiasaan sehat yang dapat dimasukkan saat melakukan self relaxation dengan hanya mendengarkan melalui CD saja, tanpa terapis.
Konsep self-relaxation di antaranya:Anda harus tahu benar tujuan ingin langsing, apa yang benar-benar diinginkan  diri Anda, bukan karena pengaruh orang lain.Ketika sudah relaksasi, bayangkan body image dan ciptakan. Anda akan belajar untuk dapat memvisualisasikan diri ingin menjadi bentuk seperti apa. Bayangkan gambar yang diinginkan. Jika  langsing ingin seperti apa. Kalau sudah tahu gambarannya, cobalah untuk masuk ke dalam visual yang dibayangkan tadi dan rasakan bahwa inilah tubuh AndaRasakan bahagia dan senangnya menjadi langsing. Mengisi perasaan tersebut seolah-olah diri Anda masuk ke dalam body image tersebut. Hal ini yang penting untuk ditanamkan dalam pikiran bawah sadar. Supaya Anda mudah menemukan tujuan  menjadi langsing.Bangga menjadi diri sendiri, dan senantiasa mensyukuri karunia yang telah diberikan Allah kepada Anda. Dan ketika kondisi ini berlangsung secara konsisten maka akhirnya akan muncul efek samping yaitu bersinarnya innerbeauty Anda.
Autosugesti dapat dilakukan ketika bangun tidur di pagi hari. Dan paling baik pada malam hari menjelang tidur karena secara natural menurunkan gelombang otak sehingga sugesti apapun akan melekat kuat di pikiran bawah sadar. Pada saat tidur terjadi proses metabolisme sel untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak. “Self relaxation di rumah cukup dua kali sehari selama 30 – 45 menit,”
 
Be, Do, Have
Sudah banyak pihak yang membahas rumus ini. Mungkin suatu saat Anda akan menemukannya dalam sebuah artikel, seminar atau bahkan sebuah pelatihan. Namun tidak mengapa, saya akan membahasnya dari sudut pandang saya, yaitu sudut pandang SlimTalk. Dalam pencapaian sebuah dream memang tiga kata kunci ini tidak bisa kita nafikan begitu saja. Secara berurutan, saya akan mengulas masing-masing key word ini :
 
1. BE
Arti harfiahnya adalah menjadi. Ya, kita dituntut untuk menjadi sesuatu dulu atau memiliki watak tertentu agar mampu mewujudkan kondisi ideal yang kita inginkan. Maka seperti yang sudah diulas diatas, tujuan dari program ini bukan angka di timbangan, melainkan kondisi ideal seperti apa yang Anda inginkan.   
 
2. DO
Arti harfiahnya adalah melakukan. Ya, setelah berhasil memvisualisasikan kondisi ideal yang Anda inginkan,  tentunya Anda harus melakukan sesuatu yang sejalan dengan BE tadi. Karena tanpa DO, maka BE hanyalah akan menjadi impian kosong belaka.
 
3. HAVE
Arti harfiahnya adalah memiliki. Have adalah inti dari dream kita. Have hanya bisa diraih dengan BE dan DO. Bahkan motivator nomor satu Indonesia, Bapak Andre Wongso mempunyai rumus BE x DO = HAVE. Ada sebuah kata bijak yang mengatakan bahwa 90 % orang tidak dapat mencapai goalnya bukan karena tidak memiliki kemampuan tapi karena tidak mempunyai tujuan yang jelas atau dream tentang kesuksesan tersebut.
Meskipun urutan pelaksanaannya adalah Be -->Do -->Have, namun dalam  perumusan dream, urutannya harus kita balik menjadi Have-->Do-->Be. Maksudnya adalah, tentukan have atau dream Anda dulu, kemudian lakukan sesuatu agar dream Anda terwujud. Dan agar Do Anda lebih powerful, maka Anda harus memaksa diri Anda untuk menjadi sesuatu (Be) yang powerful pula.
Perhatikan diagram di bawah ini :
 

 
Diagram di atas kita baca sebagai berikut:
 
A. Dream (Have) kita menjadi langsing, yang juga sehat dan bahagia. Maka dengan semua kebaikan yang didapatkan ini akan muncullah inner beauty kita.
B. Agar bisa mendapatkan kondisi ideal seperti itu maka kita perlu melakukan tindakan, alias turun tangan bukan sekedar urun angan saja. Nah, dalam SlimTalk juga dikenal lima jurus sakti yang mesti dipatuhi.Hanya mulai makan saat lapar fisik. Ada sebuah cara yang sangat sederhana untuk membedakan antara lapar fisik dan lapar emosional. Ketika Anda merasa tiba-tiba lapar, entah karena alasan apapun, cobalah untuk mengambil segelas air (usahakan yang hangat atau kalau tidak yang netral, hindarkan air es) atau sekitar 200 ml, kemudian minum sampai habis air tersebut dan tunggu sekitar 5 menit. Kalau setelah 10 menit perasaan lapar itu masih ada, maka itulah lapar fisik.Makan apapun yang ingin dimakan, tapi tetap memilih jenis makanan sehat. Cara paling mudah menyiapkan makanan sehat, tanpa harus repot menakar kadar kalori adalah sebagai berikut. Ketika Anda sudah memegang sebuah piring, maka buatlah garis imajiner yang membagi piring tadi menjadi 2 bagian. Setengah bagian langsung diisi dengan sayuran. Setengah bagian lainnya dibagi dua lagi, berarti seperempat piring diisi nasi, dan seperempat lainnya diisi dengan lauk.Makan dengan sadar. Khusus jurus ketiga ini akan saya uraikan lagi menjadi beberapa langkah, agar lebih mudah melakukannya:a. Lakukan ritual doa dengan benar. Berdiam sejenak di depan piring Anda, kemudian bacakanlah doanya. Dalam Islam doanya adalah seperti ini: Yaa Allah, berkatilah rezeki yang Engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka. Maknailah setiap kata yang Anda ucapkan, bukan sekedar lewat mulut dan menguap di telinga Anda. Bahasa adalah titik sentral bagi penentu state, alias kondisi pikiran-perasaan yang kita alami. Ubah bahasanya, state pun berubah. Katakan sesuatu yang baik, state pun menjadi baik. Katakan sesuatu yang buruk, state pun menyesuaikan. Tidak mengherankan, orang-orang sukses adalah mereka yang punya tabungan kosa kata baik lebih banyak daripada mereka yang sengsara. Dan, orang-orang biasa serta orang-orang gagal adalah mereka yang pakar dalam mengumpulkan kosa kata negatif. State, pada akhirnya akan menjadi penentu perilaku yang akan kita munculkan. Maka, kunci memunculkan perilaku yang baik adalah memunculkan state yang positif, yang kuncinya adalah memprogramkan bahasa yang positif. Dan, bukankah manusia dinilai dari apa yang ia lakukan? Maka bisa dikatakan, letak kesuksesan adalah pada kata-kata yang kita programkan pada diri kita setiap saat. Maka inilah alasan mengapa agama   mengajarkan begitu banyak doa   kepada manusia. Doa sebelum makan, sesudah makan, mau tidur, bangun tidur, mau buang air, mau keluar rumah, mau naik kendaraan, mau bekerja, mau berbicara di depan umum, dan seterusnya. Inilah sebenarnya maknanya. Ia tidak sekedar doa, yang dijalankan sebagai sebuah sunnah. Ia adalah sebuah cara yang diberikan Tuhan, agar manusia senantiasa berbuat baik. Bukankah kata-kata menjadi penentu state, dan state adalah penentu perilaku? Dan bukankah tidak ada kata-kata yang lebih mulia daripada yang diajarkan oleh Tuhan melalui Nabi-Nya? Maka mengucapkan doa sebelum makan, sejatinya adalah memunculkan state yang tepat untuk makan, sehingga memunculkan perilaku makan yang sehat dan bermanfaat bagi diri kita.
 b. Pilih makanan yang paling Anda  inginkan lebih dahulu,c. Suapkan ke mulut Anda sesuai dengan takaran mulut Anda dan letakkan sendok garpu di piring kalau Anda menggunakan sendok garpu, atau biarkan tangan Anda diam di piring ketika Anda menyuap menggunakan tangand. Lalu kunyah secara perlahan, rasakan tekstur, suhu, dan perubahan rasa. Nikmatilah semua sensasi makanan yang sedang Anda kunyah tadi. Dengan cara ini maka rasa syukur kita akan bertambah-tambah saja adanya. Betapa Allah telah memberikan kita kesehatan, sehingga kita masih mampu menikmati makanan ini. Dan Allah telah berjanji, barangsiapa yang bersyukur maka akan ditambahkan nikmatNya.e.Telan jika menurut Anda sudah dikunyah dengan cukup, tidak perlu menghitung sampai 32 kali. Dengan cara ini maka zat-zat makanan yang dibutuhkan tubuh akan diserap dengan sempurna, sehingga membantu mempercepat metabolisme tubuh Anda.f.  Jangan buru-buru ambil sendok garpu, rasakan makanan ini masuk ke lambung, dan tanyakan kepada diri Anda, apakah sudah mulai netral?
 
4. Berhenti makan saat netral. Netral adalah kondisi dua tingkat di bawah kenyang. Saat lapar sudah hilang tapi belum kenyang. Orang jawa bilang ‘tuwuk’ atau puas. Ini adalah kondisi seperti yang dikatakan Nabi Muhammad saw bahwa sediakanlah tempat di perut kita sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiganya lagi untuk udara. Dengan rajin melatih ke-3 jurus di atas, maka tubuh akan terbiasa merasakan netral, dan segera mengirimkan sinyal ketika kondisi netral sudah tercapai.
 
5. Move more. Menambah jumlah langkah tiap hari. Meningkatkan aktivitas fisik dengan sukarela dan menyenangkan seperti berjalan cepat minimal 30 menit sehari, jalan kaki keliling kompleks minimal 10 ribu langkah, naik tangga, atau olahraga seperti aerobik dan berenang 20 menit yang dapat membakar 150 kalori. Selama ini kendala terbesar dalam program diet adalah rasa malas dalam melakukan olah raga. Banyak orang yang setuju bahwa olah raga adalah aktivitas yang menyehatkan, namun banyak pula yang selalu beralasan bahwa mereka tidak memiliki waktu untuk berolahraga di sela-sela aktivitas hidupnya yang sudah sangat padat. Sebenarnya tidak ada kata ‘tidak ada waktu’, yang ada hanyalah kita belum menganggap hal itu ‘PENTING!’. Contoh sederhana, meski Anda bangun kesiangan, dan buru-buru berangkat ke kantor Anda pasti tetap menyempatkan untuk mandi dan berdandan meski ala kadarnya. Jelas-jelas waktu sudah tidak ada, namun kenapa Anda tetap mandi? Karena bagi Anda mandi adalah sebuah hal yang penting! Dengan menyadari bahwa Anda perlu move more alias bergerak lebih (bukan berniat berolah raga), dan bergerak yang paling sederhana adalah melangkahkan kaki, maka niatkanlah untuk selalu menambahkan jumlah langkah kaki Anda setiap hari. Anggaplah hal ini PENTING!. Kalau dulu driver Anda menurunkan Anda harus mendekati pintu masuk kantor, maka Anda bisa mulai dengan turun di tempat yang memerlukan jumlah langkah kaki lebih. Kalau dulu , Anda selalu tergantung pada lift atau eskalator, maka cobalah untuk menaiki tangga kalau memang hanya turun atau naik 1 atau 2 lantai saja. Kalau dulu untuk pergi ke warung atau ruko yang hanya berjarak seratus atau duaratus meter saja Anda harus mengendarai motor atau bahkan mobil, maka biasakanlah untuk berjalan kaki ke sana. Selain sehat juga akan menghemat bbm yang kian lama kian melangit harganya itu.
 
C. Nah, untuk bisa istiqomah dalam melakukan lima jurus sakti itu maka diperlukan sifat-sifat unggulan dalam diri kita. Inilah Be yang kita perlukan, seperti tawadhu, konsisten, disiplin, komitmen, rajin  dll.
Well, setelah Anda selesai merumuskan dream (have) Anda, dan berhasil membuat diagram seperti contoh di atas, mulailah melaksanakannya dengan urutan Be-->Do-->Have lagi.
Kembali ke rumus Andre Wongso, kita bisa melihat bahwa unsur Be dan Do di sini mempunyai fungsi yang sangat krusial, karena keduanya merupakan factor pengali. Tidak peduli berapa banyak have/dream Anda, kalau Be dan Do nya tidak ada, maka Anda juga hanya akan mendapatkan hasil nol besar. Sebaliknya meski dream Anda cuma satu, namun Do Anda lebih dari satu, maka Anda tinggal mengalikan saja hasilnya. Dan ada satu factor yang akan mempercepat tercapainya have/dream Anda, yaitu memperkuat Be Anda, karena Be adalah mindset Anda. Be adalah state of mind Anda.
 
Virus dan Anti Virus
Dalam dunia kedokteran dan biologi virus dikenal sebagai mahluk parasit yang bisa menyebabkan penyakit tertentu kepada manusia. Di dunia komputer virus juga dikenal dengan efek yang nyaris sama, yaitu mengganggu ‘kesehatan’ komputer itu sendiri. Untuk menangkalnya tentunya diperlukan anti virus. Ternyata pikiran manusiapun bisa diserang oleh ‘virus-virus pikiran’. Sebuah kata (baik diucapkan maupun tidak)  yang selama ini kita fokuskan  akan menjadi kenyataan. Kita inginkan ataupun tidak! Saya yakin pada dasarnya semua orang mempunyai niat baik ketika melakukan suatu tindakan. Masalahnya adalah terlalu sering kita terpengaruh oleh kata-kata yang sebenarnya tidak perlu kita dengar. Menurut Ust. Samsul Arifin dalam bukunya ‘27 Jurus Jitu Meraih Impian’, kata-kata negative ini berada di antara dua telinga kita. Beliau menyebutnya sebagai little voice. Little voice ini bisa dengan tiba-tiba terlintas di benak kita, terpicu karena melihat, merasakan atau mendengar sesuatu. Atau di lain waktu bersumber dari orang lain yang sengaja mengatakannya kepada kita. Namun apapun itu wujudnya, ketika tidak kita tangkal maka little voice inilah yang di kemudian hari akan menjadi virus dan berpotensi mengganggu niatan baik yang sedang kita perjuangkan.
Little voice inilah yang menjelma menjadi virus pikiran. Maka untuk menagkalnyapun diperlukan sebuah program anti virus pikiran. Dalam SlimTalk, saya menggunakan teknik Instant Change Technique (ICT)-nya Pak Ariesandi untuk membekali klien dalam membentengi diri mereka menghadapi virus-virus pikiran yang kiranya bakal mengganggu program SlimTalk mereka. Dengan berbekal anti virus ini, maka sesi hipnosis yang saya lakukan cukup sekali pertemuan saja, untuk selanjutnya mereka akan menggunakan antivirus ketika diperlukan, selain tentunya mendengarkan audio CD yang saya sebut sebagai vitamin pikiran.
 
Tingkat Keberhasilan
Pada dasarnya tingkat keberhasilan program ini bergantung pada mindset dan disiplin. Yang utama alasan pasien untuk menjadi slimming adalah karena dirinya sendiri bukan karena orang lain. Untuk mencapai berat badan ideal yang diinginkan bergantung BMI (body mass index) masing-masing karena setiap orang BMInya berbeda. Tingkat kecepatan keberhasilan penurunan berat badan juga bergantung pada kombinasi makanan yang dikonsumsi, olahraga atau gym teratur. Hasilnya mulai terlihat antara 1 – 8 bulan bergantung BMI dan kombinasi tindakan lain.
 
Tertarik untuk mencoba?  
 
 
SLIMTALK
 
What you will get?Pre Talk -->Feel Good About Yourself And Boosting Your Self-EsteemProgressive Talk -->Happy, Beauty, Healthy and Slim Mindset ProgrammingSlim Talk
ü  Stop Emotional Eating & Craving
ü  Speed Up Metabolism
ü  Motivate to Move More
ü  Instant Change Technique -->Re-educate Subsconcious
Bonus: Audio CD Slim Talk
 

No comments:

Artikel Unggulan

"Liatin Duitnye Tong!"

Moment tujuhbelasan seperti sekarang ini selalu meninggalkan kesan yang mendalam kepada kita yang mampu mensyukuri kemerdekaan bangsa ini. B...