POSTINGAN POPULER

Thursday, November 17, 2016

Hypnotherapist

Hypnotherapist

Beberapa saat yang lalu ada yang mengirimkan humor ini kepada saya:

Seorang istri yang merasa agak depresi dan capek terus menerus, diantar suaminya ke seorang Hypnotherapist.
Setelah istrinya keluar dari ruang praktek, suami menyambutnya dan menanyakan: "Jadi apa yang di katakan hypnotherapist itu?"
Istri: "Katanya aku hanya sedikit stress, dan perlu refreshing"
Suami: "Refreshing apa yang ia sarankan?"
Istri: "Supaya mama mengambil liburan dengan pergi bertamasya ke negara-negara indah seperti Canada, Inggris, Skandinavia, Perancis, dan lain-lain."
Suami : "Bagus, kalau begitu ayo.... kita pergi secepatnya...!"
Istri: "Wah, papa baik sekali... Kita pergi ke negara mana Pa?"
Suami "Kita pergi ke hypnotherapist yang lebih bener pikirannya."
Hehehe, Rupanya tidak semua hypnotherapist bener pikirannya….

Yuk kita pelajari apa sebenarnya hypnotherapist itu. Untuk memulai, maka kita perlu tahu bahwa kata hypnotherapist berasal dari 2 suku kata:
Hypno, kependekan dari kata hypnosis.
Therapist, yang artinya ahli penyembuhan.
Dengan demikian, secara sederhana bisa dikatakan bahwa hipnoterapis adalah seorang ahli penyembuhan, yang menggunakan metode hipnosis.

Supaya lebih clear, mari kita paparkan beberapa makna kata ini:

Hypnosis     : prosesnya
Hypnotist     : pelakunya (seperti  kata 'dentist')
Hypnotism   : Permainan hiburan dengan hipnosis (stage hypnotism / street hypnotism)
Hypnotic      : Kondisi seseorang saat di hipnosis.
Hypnotee     : Kliennya

Di Indonesia, memang agak kacau balau, orang menggunakan kata hipnotis untuk memaksudkan suatu proses hipnosis. Yah, inilah salah kaprah… Salah tapi diterima sebagai kebenaran dimana-mana.
Jadi seorang hypnotherapist perlu memiliki 2 kompetensi / keahlian dasar:
Ketrampilan melakukan hipnosis, alias membawa orang ke kondisi hipnotik.
Ketrampilan melakukan terapi, yang akan dilakukannya saat klien masih berada dalam kondisi hipnotik.

MEMBAWA ORANG KE KONDISI HIPNOTIK
Ada berbagai cara, mulai cara tradisional, cara klasik, sampai ke cara-cara modern yang lebih diterima oleh dunia medis dan science. Ngomong-ngomong di tahun 1958 Hypnotherapy sudah diterima sebagai metode terapi di American Medical Association.

Di awal perkembangannya, hipnosis menggunakan cara-cara tradisional, seperti mantra, cairan tertentu, tatapan mata, energi, dll. Pendekatan ini disebut tradisional, karena ini dilakukan dari jaman bahula sampai awal tahun 1930-an. Metode inilah yang membuat pandangan orang pada hipnotis menjadi keliru, seolah ilmu gaib atau kekuatan supranatural.

Semua pendekatan tradisional, sebenarnya bekerja pada dataran sugesti, dimana semua alat atau metode itu hanyalah pintu masuk orang untuk menjadi yakin dan reseptif (siap menerima) suatu sugesti yang diberikan padanya. Simbol-simbol dan barang-barang 'jimat' yang dipergunakan, berperan untuk mem-by-pass pikiran kritis, dan membangkitkan sistem kepercayaan pada si penghipnosis.

Tapi baik pelaku maupun kliennya sama-sama salah paham, mereka mengira bahwa simbol, jmat dan mantra itulah yang memiliki kekuatan hipnosis. Padahal, semua sebenarnya bekerja pada dataran sugesti.
Pendekatan Klasik, yakni umumnya dikenal dengan autoritarian adalah pendekatan yang sifatnya memberikan perintah pada klien dengan keyakinan untuk membuat klien lebih "menurut". Umumnya dilakukan dengan perintah "tidur!"

Pendekatan ini sebenarnya berfungsi mengistirahatkan faktor kritis, melalu perintah tidur itu. Saat pikiran kritis beristirahat, maka sugesti akan mudah untuk diberikan pada klien. Cara ini yang sering kita lihat pada pertunjukan hipnosis atau praktek-praktek terapi klasik.

Cara yang lebih modern, umumnya murni menggunakan ketrampilan lingusitik alias kata-kata berpola hipnotik. Kata-kata ini disusun dengan cara tertentu (umumnya melanggar aturan grammar).
Ingin bisa menguasai teknik luar biasa ini? 

Segera daftarkan diri Anda untuk mengikuti Workshop Find The Hypnotist in YOU! yang akan dilaksanakan pada: tgl 31 oktober -1 november 2015 bertempat di Cafetherapy Jl johar raya no 27 Taman Cimanggu Bogor. 

Untuk keterangan lebih lanjut silakan hubungi Hari Dewanto di 08179039372.

Terima kasih

No comments:

Artikel Unggulan

"Liatin Duitnye Tong!"

Moment tujuhbelasan seperti sekarang ini selalu meninggalkan kesan yang mendalam kepada kita yang mampu mensyukuri kemerdekaan bangsa ini. B...