POSTINGAN POPULER

Sunday, October 23, 2016

Mental Creation

Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini selalu melalui dua proses penciptaan. Mental Creation dan physical creation.
Proses pertama yang terjadi di pikiran kita memiliki peran yang sangat penting dalam memudahkah kita mewujudkan proses selanjutnya.
Mari kita perhatikan lebih jauh bagaimana seorang arsitek tentu membuat sketsa sebelum membangun sebuah rumah, seorang sutradara akan membuat atau menyuruh orang lain menulis skenario sebelum membesut sebuah film. Bahkan dalam keseharian kita, meski cuma sesaat kreasi mental akan selalu mendahului kreasi fisik. Contoh ketika kita ingin makan sesuatu, tentu sudah terbayang makanan apa yang ingin kita nikmati. Begitu pula ketika kita mengendarai mobil atau motor. Di kepala kita tentu terbayang rute mana yang akan kita tempuh.
***
Kita mengenal kreasi mental ini sebagai imajinasi. Meski banyak orang yang sudah mengakui kehebatan sebuah imajinasi dalam mendukung kesuksesan, namun masih saja ada orang yang menafikannya. Dalam ngobrol santai mengenai Branding di Diga Park kemarin, dengan kerja sama bbrp kawan, saya berhasil membuktikan kehebatan mental creation ini.

Keajaiban pertama terjadi ketika saya berhasil menanamkan imajinasi mengenai Pak Harto di pikiran Kang Adhi Nugroho (Bos Setrika Areng Laundry).  Dari pengakuannya memang Kang Adhi mengidolakan Presiden Kedua RI tersebut. Maka ketika sosok Pak Harto berhasil tertanam di pikirannya, begitu membuka mata dan ditanya siapa namanya maka  Kang Adhi menjawab Suharto. Dan luar biasanya ketika ditanya apa bisnisnya, dia terlihat bingung dan tidak menjawab laundry! (Karena memang Pak Harto tidak pernah punya bisnis laundry 😊).

Keajaiban kedua terjadi ketika acara telah usai. Sambil menunggu beberes, saya berhasil memengaruhi MC siang itu yaitu Selviana Saefullohh. Saya tanyakan apa minuman favoritnya, dan dia menjawab green tea. Maka saya minta Selvi untuk menutup mata dan membayangkan greentea yang segar di pikirannya. Tak lebih dari satu menit dia melakukan hal tersebut dan ketika dia membuka mata maka aqua botol di depannya sudah menjadi greentea. Greentea McD katanya ☺.
***
Dalam dua kasus di atas, saya memang menggunakan teknik NLP dan hipnosis untuk memperkuat imajinasi kedua kawan tadi sehingga kejaiban terjadi dengan instant. Namun tanpa hipnosis pun kita tetap mampu menciptakan keajaiban kita sendiri, selama kita serius dalam membuat kreasi mental kita.

Sekali kita merencanakan dan mematrikan imajinasi dalam pikiran kita, fisik kita pun mulai mencari jalan bagaimana merealisasikan apa yang sudah kita pikirkan.

Agar Anda lebih mudah memahami kekuatan imajinasi, berikut ada dua kisah nyata yang mewakilinya.

Pertama, kisah hidup Mayor James Nesmeth, seorang tentara yang gemar main golf. Dia begitu tergila-gila dengan golf. Tapi sayang sekali, sebelum menikmati kesempatan itu, dia ditugaskan ke Vietnam Utara.

Sungguh sial, saat di Vietnam dia ditangkap oleh tentara musuh dan dijebloskan ke penjara yang pengap dan sempit. Dia tidak diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan siapa pun. Situasi pengap, kosong, dan beku itu sungguh menjadi siksaan fisik dan mental yang meletihkan baginya.

Untungnya, Nesmeth sadar dirinya harus menjaga pikirannya agar tidak sinting. Dia mulai berlatih mental. Setiap hari, dengan imajinasinya, dia membayangkan dirinya berada di padang golf yang indah dan memainkan golf 18 hole. Dia berimajinasi secara detail. Dia melakukannya rata-rata empat jam sehari selama tujuh tahun.

Lantas, tujuh tahun kemudian, dia pun dibebaskan dari penjara. Luar biasanya saat dia mulai bermain golf kembali untuk pertama kalinya. Ternyata Mayor James Nesmeth mampu mengurangi rata-rata 20 pukulan dari permainannya dulu. Orang-orang pun bertanya kepada siapa dia berlatih.

Tentu saja, tidak dengan siapa pun. Yang jelas, dia hanya bermain dengan imajinasinya. Tetapi, ternyata itu berdampak pada hasil kemampuannya. Nah, inilah kekuatan imajinasi itu.
***

Kisah kedua adalah cerita tentang Tara Holland, seorang gadis yang bermimpi menjadi Miss America sejak kecil. Pada 1994, dia berusaha menjajaki menjadi Miss Florida. Sayangnya, dia hanya menyabet runner-up pertama. Tahun berikutnya dia mencoba, tapi lagi-lagi hanya di posisi yang sama. Hati kecilnya mulai membisikkan dirinya untuk berhenti.

Tapi, dia bangkit dan membulatkan tekadnya lagi. Dia pindah ke negara bagian lain, Kansas. Pada 1997, dia terpilih menjadi Miss Kansas. Dan di tahun yang sama, dia berhasil menjadi Miss America! Yang menarik, adalah saat Tara diwawancarai setelah kemenangannya, Tara menceritakan bagaimana dia sudah ingin menyerah setelah dua kali kalah di Florida.

Tapi, tekadnya sudah bulat. Selama beberapa tahun kemudian, dia membeli video dan semua bahan yang bisa dipelajari tentang Miss Pagent, Miss Universe, Miss America, dan sebagainya. Dia melihatnya berkali-kali. Setiap kali melihat para diva meraih penghargaan tertinggi, Tara membayangkan dirinyalah yang menjadi pemenangnya.

Satu lagi yang menarik dari wawancaranya adalah saat dia ditanya apakah dia merasa canggung saat berjalan di atas karpet merah. Dengan mantap, Tara Holland menjawab, “Tidak sama sekali. Anda mesti tahu saya sudah ribuan kali berjalan di atas panggung itu.”

Seorang reporter menyela dan bertanya bagaimana mungkin dia sudah berjalan ribuan kali di panggung, sementara dia baru pertama kalinya mengikuti kontes. Tara menjawab, “Saya sudah berjalan ribuan kali di panggung itu…dalam pikiran saya.”
***
Imajinasi adalah energi. Energi yang kalau diolah terus-menerus akan mewujud dalam apa yang kita imajinasikan itu.

Sahabatku, dalam kesempatan yang baik ini, saya akan berikan tips melatih imajinasi agar memiliki energi masksimal:

1. Cari tempat yang nyaman dan ambil posisi yang nyaman

2. Tarik nafas pelahan sampai Anda tidak mampu menarik nafas lagi. Hitung 3 kali, kemudian hembuskan secara pelahan juga. Lakukan 3 kali

3. Mulai gambarkan hal yang ingin Anda capai. Berikan sensasi yang jelas dan detail atas keinginan Anda tadi

4. Bayangkan dengan yakin bahwa keinginan Anda tadi sudah terjadi di dalam pikiran Anda. Dan nikmati perasaannya.

5. Ucapkan syukur di dalam hati dan nikmati lagi perasaannya.

Anda bisa mengulangi proses ini berkali-kali sampai fisik Anda bekerja sama untuk mewujudkan keinginan Anda tadi.

Selamat mencoba
Kalau Anda masih belum puas dengan tulisan ini, Anda boleh menghubungi saya di nomor 08179039372.

Saya akan share kepada Anda ilmu yang sangat powerful dalam Workshop Find The Hypnotist in YOU! yang akan dilakukan pada tanggal 19-20 November 2016 di Cafe Therapy Bogor

Tabik
- haridewa -

No comments:

Artikel Unggulan

PETE MATCHING

Entah sejak kapan tepatnya saya tidak ingat, kenapa saya sangat hoby makan pete. Bahkan jauh sebelum beredarnya artikel di dumay mengenai k...