POSTINGAN POPULER

Saturday, July 30, 2016

Fokus

Coba perhatikan gambar kubus di atas. Lebih fokus lagi, sekarang perhatikan emoticon yang berada pada salah satu sudutnya. Menurut Anda emoticon  itu berada di sudut bagian dalam atau bagian luar kubus?  Ya, Anda benar kalau bisa melihat emoticon  itu berada di luar kubus. Namun Anda juga benar kalau melihat titik itu berada di dalam kubus, semua itu tergantung pada titik fokus Anda. Namun cobalah dengan sia sia untuk melihatnya seolah berada di dalam dan di luar kubus. Tidak mungkin bukan?
***
Fenomena ini membuktikan bahwa manusia tidak mampu memikirkan dua hal dalam satu waktu. Meski dalam sehari ada sekitar 6000 gagasan yang berkelebat dalam pikiran manusia, namun nyatanya dalam satu waktu kita hanya mampu memikirkan satu hal sahaja. Itulah alasan kenapa para pemain bola tak pernah membawa ponsel mereka ke lapangan ketika bertanding. Karena memang saat itu mereka  tidak memiliki kepentingan terhadap ponsel mereka. Mereka hanya perlu fokus pada permainan bola mereka untuk memenangi pertandingan.

Alasan itu pulalah yang membuat trainer atau para guru mengingatkan peserta training atau murid untuk me-non aktif-kan ponsel atau minimal memindah fungsi ponsel ke silent mode, agar mereka dapat fokus pada materi training atau pelajaran saat itu. Mensikapi pentingnya fokus ini bahkan Bill Gates pernah memgatakan bahwa orang yang melakukan dua atau lebih aktifitas secara bersamaan akan kehilangan kecerdasannya sampai 20% 
***
Kalau kita sudah paham betapa pentingnya fenomena fokus ini, marilah kita melihat ke dalam aktivitas harian kita. Sudahkah kita fokus pada bisnis yang kita jalankan, tanpa ada gangguan pikiran pada bisnis yang lain?

Sudahkah kita fokus pada perhatian kepada keluarga kita tanpa ada gangguan dari keluarga yang lain?

Dan yang paling utama, sudahkah kita fokus pada Tuhan kita tanpa ada gangguan dari hal lain? Mengambil analogi pemain bola tadi, apakah kita masih perlu membawa ponsel ke rumah Allah?  Adakah lapangan bola itu lebih mulia daripada masjid? Adakah bermain bola itu perlu lebih fokus/khusyuk daripada sholat?

Ah, saya yakin Anda lebih tahu jawabannya. Saya mah apa atuh....

Tabik
- haridewa -
30072016

No comments:

Artikel Unggulan

PETE MATCHING

Entah sejak kapan tepatnya saya tidak ingat, kenapa saya sangat hoby makan pete. Bahkan jauh sebelum beredarnya artikel di dumay mengenai k...