POSTINGAN POPULER

Thursday, April 10, 2008

WIN WIN SOLUTION


Pada suatu malam yang dingin, dengan mengendarai mobil sport terbaru yang hanya mempunyai dua tempat duduk, anda melintasi sebuah gurun. Di tengah perjalanan, anda bertemu dengan tiga orang manusia, yang pertama adalah seorang nenek keriput yang terkena serangan jantung, yang kedua adalah sahabat lama anda yang pernah menyelamatkan hidup anda di masa lalu, sedangkan yang terakhir adalah seorang gadis cantik berkulit putih mulus dengan postur tubuh yang sangat aduhai, sosok gadis yang selama ini sangat anda idam-idamkan. Ketiga orang itu melambaikan tangannya minta pertolongan kepada anda. Dan karena tempat duduk di mobil anda hanya dua, tentunya anda harus menentukan pilihan diantara ketiga orang tersebut yang akan anda tolong.

Sebuah pilihan yang sulit memang, karena begitu anda menolong orang pertama, anda akan dicap sebagai orang yang tak tahu balas budi, bahkan munafik dan bodoh karena melewatkan kesempatan yang belum tentu sekali seumur hidup bertemu dengan gadis yang anda idam-idamkan. Ketika anda menolong orang kedua pun orang akan tetap mempersalahkan anda sebagai orang yang tak bermoral karena telah menyebabkan seorang nenek meninggal dunia, belum lagi cap munafik dan bodoh seperti pada kasus pertama. Dan lebih parah lagi pandangan orang kepada anda apabila anda menolong orang yang terakhir. Anda akan dijuluki si pengkhianat yang tak bermoral. Terus bagaimana dong? Pusiiing !
Kalau saya jadi anda, saya tidak akan melakukan tiga hal diatas, karena menurut saya ada satu pemecahan yang bisa memuaskan semua orang. Saya akan berikan kunci kontak mobil kepada sahabat lama saya dan minta dia untuk segera membawa nenek tersebut ke rumah sakit terdekat agar nyawanya tertolong. Di sisi lain sahabat saya juga tertolong telah keluar dari gurun itu.
Mungkin anda akan menganggap saya idiot dengan membiarkan diri saya terjebak di gurun untuk menggantikan dua orang tersebut. Anda salah, karena saya tidak sendiri. Ada seorang gadis cantik berkulit putih, dengan postur tubuh yang aduhai, sosok gadis yang selama ini saya idam-idamkan, menemani saya disini.
Itulah kehidupan. Seringkali kita dihadapkan pada problematika hidup yang mengharuskan kita menentukan pilihan. Dan seringkali pula, karena banyaknya kepentingan yang bermain didalamnya, kita dihadapkan pada keputusan yang sulit untuk diambil. Kita punya kepentingan yang harus kita perjuangkan, disisi lain ada peraturan yang harus kita taati. Untuk menyelaraskan antara kepentingan dan peraturan agar seimbang itulah diperlukan cara berpikir menang-menang (WIN-WIN SOLUTION). Caranya adalah dengan kompromi. Sedikit kita boleh mengalah, asalkan kepentingan kitapun tercapai.

No comments:

Artikel Unggulan

"Liatin Duitnye Tong!"

Moment tujuhbelasan seperti sekarang ini selalu meninggalkan kesan yang mendalam kepada kita yang mampu mensyukuri kemerdekaan bangsa ini. B...